Guru Besar UPI Sebut Teknologi AI Dapat Bermanfaat untuk Kemajuan Bidang Olahraga

Guru Besar UPI Sebut Teknologi AI Dapat Bermanfaat untuk Kemajuan Bidang Olahraga Guru Besar UPI Sebut Teknologi AI Dapat Bermanfaat untuk Kemajuan Bidang Olahraga. Foto: Ist

BANDUNG, BANGSAONLINE.com - Prof. Agus Rusdiana selaku Guru Besar Ilmu Olahraga () menyebutkan perkembangan memberikan dampak yang signifikan dalam kemajuan bidang olahraga saat ini.

Pada bidang sport analysis performance dan sport biomechanics, AI banyak digunakan dalam menganalisis data kinerja atlet, baik selama latihan maupun pertandingan.

"Dengan memanfaatkan sensor, motion capture system, kamera, dan perangkat pelacakan, AI dapat mengumpulkan data tentang gerakan, kecepatan, kekuatan, dan teknik atlet. Data ini kemudian dianalisis untuk memberikan wawasan tentang kinerja atlet dan membantu dalam perbaikan teknik dan strategi", ujar Prof. Agus.

Prof. Agus juga mengatakan bahwa AI dapat menganalisis data pertandingan dari tim lawan dan memberikan wawasan tentang pola permainan, kekuatan dan kelemahan mereka.

Hal tersebut dapat membantu pelatih dan manajer dalam merencanakan taktik serta strategi yang lebih efektif. AI juga dapat memberikan rekomendasi taktik selama pertandingan berlangsung, berdasarkan real time data analysis.

Kemudian, AI dalam bidang sport injury and rehabilitation dapat membantu pencegahan cedera atlet dengan menganalisis data kesehatan dan pola latihan mereka.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO