Pengertian Stunting, Ciri-ciri dan Antisipasinya

Pengertian Stunting, Ciri-ciri dan Antisipasinya Cegah Stunting dengan ABCDE. Foto: Kemenkes

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh yang terjadi pada anak-anak akibat kekurangan gizi kronis, terutama pada periode pertumbuhan awal mereka, yaitu antara kehamilan hingga dua tahun pertama kehidupan.

Hal ini, mengakibatkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak seusianya.

Dilansir laman Kementerian Kesehatan, kasus pada anak tidak hanya terlihat pada pertumbuhan fisik dari anak seusianya, tetapi juga dapat mempengaruhi kognitif dan kemampuan belajar anak.

Maka dari itu, penting bagi para orang tua dan masyarakat di Indonesia untuk saling bekerjasama dalam melindungi generasi penerus bangsa dari .

Berikut adalah beberapa ciri-ciri pada bayi:

1. Pertumbuhan tubuh yang terhambat: Bayi yang mengalami memiliki pertumbuhan fisik yang terhambat, sehingga memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan bayi sebaya mereka.

2. Berat badan rendah: Bayi yang mengalami cenderung memiliki berat badan yang rendah sesuai dengan tinggi badan mereka.

3. Perkembangan otak yang terhambat: Stunting dapat mempengaruhi perkembangan otak bayi sehingga dapat berdampak pada kemampuan kognitif dan kecerdasan mereka.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO