KPU Jawa Timur Jadi Tuan Rumah Rakor Persiapan Rekapitulasi Penetapan DPT Pemilu 2024

KPU Jawa Timur Jadi Tuan Rumah Rakor Persiapan Rekapitulasi Penetapan DPT Pemilu 2024 Choirul Anam, Ketua KPU Jawa Timur memberi sambutan dalam Rakor Persiapan Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024, yang diselenggarakan oleh KPU RI. foto : istimewa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur bakal menjadi tuan rumah rapat koordinasi (rakor) persiapan rekapitulasi dan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024 RI di Vasa Hotel mulai tanggal 9 - 13 Juni 2023.

Ketua Jatim, Choirul Anam menuturkan, pemilihan Jawa Timur menjadi tuan rumah pelaksanaan rakor nasional dalam rangka mempersiapkan rekapitulasi dan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu Tahun 2024 tidak salah.

"Jawa Timur ini memiliki beberapa keunggulan. Jawa Timur memiliki daerah administratif terbesar secara nasional. Di Jawa Timur ada 38 kabupaten/kota, 666 kecamatan, 8.494 kelurahan/desa," kata Anam dalam sambutan selamat datangnya, Jumat (9/6/2023) malam.

Di sisi lain, keunggulan lainnya menurut Anam, jumlah daftar pemilih sementara (DPS) di Jawa Timur cukup besar yakni 31.570.088. Jumlah itu terbanyak kedua setelah Jawa Barat.

Ketua , Hasyim Asy'ari menegaskan tujuan melakukan rakor ialah untuk persiapan penetapan daftar pemilih tetap , yang dijadwalkan pada tanggal 20 - 21 Juni 2023 untuk tingkat kabupaten/kota.

"Bapak/Ibu semuanya, yang diberikan wewenang menetapkan DPT adalah Kabupaten/Kota. Saya minta kabupaten/kota memastikan dan mengecek kembali data pemilih, kegandaan, invalid, sinkronisasi sebelum penetapan DPT," pesan Hasyim.

Hasyim menyampaikan pula bahwa terus melakukan koordinasi dengan sejumlah lembaga terkait lainnya untuk memastikan akurasi daftar dan data pemilih. (mdr/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO