Kopi, Minuman Favorit para Sufi

Kopi, Minuman Favorit para Sufi Ilustrasi Kopi/Freepik

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - , merupakan salah satu minuman yang digemari masyarakat Indonesia. Minum kopi kerap menjadi kebiasaan kebanyakan orang.

Ada yang membutuhkan kopi sebelum mulai bekerja, minum es kopi di siang hari saat istirahat, atau di sore hari.

Selain memiliki manfaat untuk menyegarkan tubuh dan sebagai relaksasi, ternyata kopi merupakan minuman yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Bahkan, beliau juga memberikan doa khusus bagi mereka para peminum kopi. Kira-kira bagaimana asal-usul kopi menurut pandangan Islam?

Dikutip oleh Al Allamah Abdul Qodir Bin Muhammad Al Jaziry dalam kitabnya Umdatus Shofwah fi Hukmil Qohwah, banyak ulama yang berfatwa mengenai hukum meminum kopi. Seperti Syidi Syeh Zakariya Al Anshori, Syidi Syeh Abdurrohman Bin Ziyad , Syidi Syeh Zarruq Al Maliki Al Maghribi, Syidi Syeh Abu Bakr bin Salim Attarimi, dan Syidi Syeh Abdulloh Al Haddad.

Nama-nama yang telah disebut di atas merupakan tokoh-tokoh besar . Tidak hanya berfatwa, bahkan banyak juga ulama yang telah mengarang kitab yang isinya membahas khusus mengenai hukum kopi dan faidah meminum kopi.

Di antaranya Sayyid Al Allamah Abdurrohman bin Muhammad Al Aidrus dalam Risalah Inusi as-Shofwah bi Anfusi al-Qohwah. Juga Al Imam Al Faqih Syeh Bamakhromah mengarang syair tentang kopi yang dikomentari oleh banyak ulama dari Indonesia.

Juga ada Al-Allamah Syeh Ikhsan Jampes Kediri dalam kitabnya Irsyadul Ikhwan fi Syurbil Qohwah wa Addukhon. Kemudian Syeh abdul Qodir Bin Syekh dalam kitab Shofwatu As Shofwah fi Bayan hukmil Qohwah.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO