Wali Kota Abu Bakar Harap Alun-Alun Kota Kediri Jadi Karya Arsitektural yang Timeless

Wali Kota Abu Bakar Harap Alun-Alun Kota Kediri Jadi Karya Arsitektural yang Timeless Desain salah satu sudut Alun-Alun Kota Kediri. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com -   berharap pemerintah selalu punya karya luar biasa yang bisa ditunjukkan ke anak cucu hingga 50 tahun ke depan.

Seperti jembatan lama dan Gereja Pohsarang di Kediri, di mana masih banyak dikunjungi dan dinikmati orang meski usianya sudah puluhan tahun, bahkan ratusan tahun.

Karena itu, Abu Bakar berharap bisa menjadi karya al yang dapat dikenang sepanjang masa. Untuk mewujudkannya, ia mempercayakan desain kepada salah satu terkenal bernama . Seperti halnya Taman Brantas yang didesain oleh Ridwan Kamil, ternama sekaligus Gubernur Jawa Barat saat ini.

Menurutnya, banyak karya luar biasa yang dihasilkan oleh arsitek Indonesia. Seperti Blimbingsari Airport Banyuwangi, Masjid Baitus Shobur Kabupaten Tulangbawang Barat Provinsi Lampung, Revitalisasi Taman Ismail Marzuki Jakarta, Potato Head Beach Club Bali, GBK Aquatic Center Jakarta, Dia.Lo.Gue Artspace, dan lainnya.

"Kami meminta salah satu yang luar biasa terkenal namanya untuk mendesainkan alun-alun ini. Beliau memiliki karya luar biasa dan ada di mana-mana, seperti di Banyuwangi, Jakarta, maupun luar negeri," ujarnya, Jumat (30/6/2023).

Sebelumnya, saat groundbreaking , Abu Bakar menjelaskan bahwa proyek ini dibuat seperti lapangan terbuka, tidak bersekat, berumput yang dikelilingi jalan.

"Jadi longgar gitu, tidak ada sekat, jadi cuma adanya pohon. Nanti ada bangunan di sebelah sana. Atapnya juga keren, jadi kita ada tempat nongkrong baru di sini," katanya.

Menurut Abu Bakar, alun-alun tersebut bisa dimanfaatkan masyarakat untuk berkumpul, bersosialisasi, dan bersantai. Pihaknya juga membuat alun-alun ramah bagi para penyandang disabilitas.

Sebelum direvitalisasi, juga ada sentra kuliner kaki lima. Oleh karena itu, juga menyediakan pujasera bagi pedagang kaki lima.

"Namun produk yang dijual harus diperbaiki, dikemas dengan baik, dan harus dipikirkan agar masyarakat ketika berkunjung ke alun-alun mau membeli," pungkasnya. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO