Doa untuk Pengantin Baru dan Maknanya

Doa untuk Pengantin Baru dan Maknanya Ilustrasi. Foto: Pixabay

BANGSAONLINE.com - Setelah melewati tahap perkenalan, tiba waktunya untuk menikah. Tujuan pernikahan ini adalah untuk membina rumah tangga dan mendapatkan keturunan yang sesuai dengan norma agama dan masyarakat.

Selain itu, mendapatkan ketenangan dan juga kebahagian di dunia dan diakhirat. Dengan menikah membuat diri kita dan pasangan jauh dari perbuatan buruk, yaitu maksiat. Serta untuk mendapatkan rasa kasih sayang antar sesama dan mengikuti sunnah Rasul.

Tak hanya bersatu dengan pasangan, menikah juga akan membuat tali persaudaraan dan mempersatukan keluarga dari pihak laki-laki dengan keluarga dari pihak perempuan.

Dengan membangun rumah tangga, maka pahala yang akan didapatkan dilipatgandakan dibandingkan saat belum menikah.

Supaya tujuan tersebut dapat tercapai oleh para pengantin baru, selain mengucapkan selamat, alangkah baiknya kita juga sebagai orang terdekat untuk menghadiri sebuah pernikahan dan mendoakannya.

Maka sebaiknya kita mendoakan pasangan yang baru menikah dengan do’a ini:

Barakallahu laka, wa baraka ‘alaiak wa jama’a bainakuma fi khair.

“Mudah-mudahan Allah memberkahimu, baik ketika senang maupun susah dan selalu mengumpulkan kamu berdua pada kebaikan.” (HR. Abu Dawud)

Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada kita selaku umatnya. Doa di atas memiliki maksud untuk kedua mempelai agar saat menjalani kehidupan rumah tangga mendapatkan berkah saat dalam keadaan susah maupun senang dan selalu di jalan kebaikan.

Inilah beberapa makna doa pengantin baru:

1. Dalam doa terselip harapan agar keberkahan datang menghampiri kedua mempelai

Keberkahan yang diminta di sini adalah seperti rezeki yang baik, halal, dan melimpah, serta keberkahan dalam kehidupan sehari-hari yang akan dilalui oleh pengantin nantinya. Allah juga melimpahkan rezeki karena adanya pernikahan.

Lihat juga video 'H Muhammad Faiz Abdul Rozzaq, Penulis Kaligrafi Kiswah Ka'bah Asal Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO