Tips Membuat Bakso Daging Empuk ala Bucin

Tips Membuat Bakso Daging Empuk ala Bucin Owner Bakso Bucin Wiyungan, Bunda Cindy.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bakso atau pentol adalah makanan keseharian yang sudah akrab dengan masyarakat Indonesia. Banyak pelaku UMKM yang mengandalkan menu ini, namun tak semua bakso yang dikonsumsi empuk seperti keinginan umumnya orang. Seringkali kita mendapati bakso yang keras atau alot.

Bunda Cindy, pengusaha kuliner bakso di memberi tips membuat bakso daging yang empuk. Ia menyebut, pemilihan daging menjadi kunci untuk mendapatkan bakso yang empuk, dan bahan yang dipilih sebaiknya bagian paha belakang sapi terluar, biasa disebut gandik.

"Saat giling daging juga harus menggunakan batu es. Kuncinya daging harus fresh. Bukan daging campur lemak," kata perempuan yang akrab disapa Bucin ini, Jumat (14/7/2023).

Perempuan asli Wonogiri yang telah tinggal puluhan tahun di Kota Pahlawan itu menjelaskan, komposisi bumbu juga harus tepat. Dengan begitu, teksturnya crunchy tapi lembut.

Owner Bakso Bucin Wiyungan ini juga menambahkan, untuk mendapatkan kualitas bakso yang bagus, komposisi daging harus diperhatikan.

"Komposisi daging 90 persen, sementara bumbu dan tepung 10 persen. Ini baru bisa disebut bakso daging asli," ujarnya.

Bucin melanjutkan, soal tekstur bakso sebenarnya bergantung selera masing-masing konsumen, ada yang suka empuk, keras, dan kenyal. Menurut dia, umumnya konsumen menginginkan rasa daging yang dominan pada bakso. Karena itu komposisi dagingnya harus tinggi.

"Kalau komposisi dagingnya tinggi, otomatis baksonya berasa daging, bukan bakso tepung," pungkasnya. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO