Grebeg Jumat dan Kampanye Putih Bersama Anggota DPRD Provinsi Rohani Siswanto di Pasuruan

Grebeg Jumat dan Kampanye Putih Bersama Anggota DPRD Provinsi Rohani Siswanto di Pasuruan H. Rohani Siswanto (Anggota DPRD Provinsi Jawa Timur) memberikan kaos secara simbolis.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Giat rutinitas mingguan yang digelar oleh warga Kanigoro, Rembang, , Jumat (28/07/2023), berbeda dengan sebelumnya. Grebeg Jumat atau kerja bakti setiap hari Jumat kali ini diwarnai dengan kampanye putih bersama anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, H Rohani Siswanto dari Fraksi Gerindra.

"Grebeg Jumat itu adalah kerja bakti masyarakat sendiri setiap hari Jumat," kata Ketua Panitia Kegiatan, Baidlowi, kepada BANGSAONLINE.com di acara santunan yang berlokasi di TK (Taman kanak-kanak) Kanigoro.

Baidlowi menjelaskan, kerja bakti itu dipromotori langsung oleh masyarakat dengan kegiatan bersih-bersih lingkungan. Mulai dari jalan-jalan dusun, jalan desa, jalan kecamatan, masjid, mushollam, dan lingkungan warga menjadi sasaran kerja bakti. Usai kegiatan grebeg dilanjut kegiatan kampanye putih.

Maksud dari kampanye putih itu menurut Ahmad Baidlowi adalah berbagi susu, nasi, dan santunan anak yatim, berbungkus serba warna putih. Adapun tim dari kampanye putih itu berasal dari LSN Laskar Sholawat Nusantara, binaan dari H Rohani Siswanto.

"Kegiatan Jumat berkah dan kampanye putih itu sangat perlu dikembangkan. Kegiatan perlu terus digalakkan dengan tidak menunggu momen hari besar, hari nasional, atau momen tertentu lainnya. Kalau bisa kegiatan seperti ini diadakan setiap sebulan sekali. Jadi menurut saya, desa harus peka terhadap persoalan dan kebutuhan masyarakat," ujar Rohani.

Soal anggaran, Rohani menyarankan agar BUMDes ditingkatkan sehingga pendapatan asli desa juga meningkat. Kalau pemerintah desa punya terobosan inovatif seperti itu, maka tidak menutup kemungkinan Desa Kanigoro menjadi desa percontohan dalam mensejahterakan masyarakatnya.

"Selain terobosan kemandirian desa, santunan anak yatim-piatu dan fakir miskin, saya menyarankan agar tidak melepaskan kegiatan spiritual, misal, perbanyak sholawat, dzikir, dan doa bersama. Sesuai tema dari kampanye putih itu yakni ojok lali moco sholawat," jelas Rohani.

Usai sambutan rohani membagikan kaos bertuliskan "Ojo lali sholawat" kepada lima belas wali murid siswa TK Kanigoro, disertai oleh hiburan badut bersholawat. (afa/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO