Desa Wonorejo Masuk ADWI 2023, Bupati Situbondo Support Program Pemdes

Desa Wonorejo Masuk ADWI 2023, Bupati Situbondo Support Program Pemdes Menparekraf, Sandiaga Uno, ketika disambut Bupati Situbondo, Karna Suswandi, bersama ratusan warga Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, , masuk dalam 75 desa wisata terbaik di ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Ketua BUMDes Desa Wisata Kebangsaan Wonorejo, Hery Sampoerno, mengaku senang atas kehadiran Menparekraf, Sandiaga Uno, di daerahnya.

"Sangat bersyukur dengan kedatangan beliau, Mas Menteri Sandiaga Uno, kami berharap kehadiran beliau dapat mendongkrak ekonomi desa, dan dapat mendatangkan PADes (pendapatan asli desa) sehingga akan dapat bermanafaat bagi masyarakat luas, bukan hanya sekedar euforia semata," ujarnya, Sabtu (12/8/2023).

Dalam kunjungannya ke desa di ujung timur itu, Sandiaga disambut ratusan warga yang menunggu di sepanjang jalan dari Balai Desa Wonorejo hingga ke Pantai Pandean. Warga tampak senang dan antusias saat Menparekraf dan rombongan melewati jalan tersebut.

Sandiaga mengatakan bahwa Desa Wonorejo mempunyai keunikan tersendiri dari seni dan budayanya. Selain itu, pluralisme di desa yang berbatasan langsung dengan Banyuwangi ini dinilai sangat kental.

"Ada 75 desa wisata terbaik, salah satu yang kami pilih termasuk Desa Kebangsaan Wonorejo, Kecamatan Banyuputih, ," ujarnya.

Menurut dia, Desa Wonorejo mempunyai keunggulan yang berbeda dengan desa lain, yaitu sebagai desa penyangga Taman Nasional (TN) Baluran. 

"Semoga Pokdarwis di Desa Wonorejo ini bisa menjaga dengan baik dan harus bisa memanfaatkan keunggulan tersebut," ucapnya.

Ia memastikan, pemerintah pusat hingga daerah akan terus kolaborasi demi mewujudkan desa wisata berkualitas dan berkelanjutan.

Sementara itu, Bupati , Karna Suswandi, menegaskan bahwa pemerintah daerah setempat berkomitmen untuk mendukung program Pemerintah Desa Wonorejo. Sehingga, wilayah tersebut bisa masuk dalam ADWI 2023.

"Kami (Pemkab ) berharap Desa Wonorejo ini menjadi juara. Mas Menteri (Sandiaga Uno) dan tim juri saya tidak minta nilai lebih. Saya tidak mau nilai 1.000, 2.000 tidak, yang saya mau juara satu saja," kata pimpinan daerah yang akrab disapa Bung Karna ini. (adv/sbi/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO