Sediakan Kotak Kritik, Bupati Kediri Minta Pendapat dari ASN

Sediakan Kotak Kritik, Bupati Kediri Minta Pendapat dari ASN Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana, saat memberikan sambutan. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Hanindhito Himawan Pramana memberikan ruang bagi untuk mengkritisi kepemimpinannya di Kabupaten . Ia mengungkapkan hal tersebut dalam pidato di upacara peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Stadion Canda Bhirawa.

"Setelah ini saya akan membuat kotak (kritik) di mana seluruh berhak mengkritisi saya tanpa mencantumkan nama," kata pimpinan daerah yang akrab dengan sapaan itu, Kamis (17/8/2023).

Selama hampir 3 tahun menjabat sebagai Bupati , ia mengakui ada kekurangan dalam kepemimpinannya. Dalam sebuah pemerintahan yang sehat, diperlukan masukan atau kritik yang membangun.

sebagai bagian yang memiliki peran penting dalam kelancaran jalannya pemerintahan memiliki hak untuk menyampaikan kritikan. Dengan tidak mencantumkan nama, bebas memberikan kritik tanpa khawatir mendapat intervensi.

Putra Menseskab Pramono Anung ini mengungkapkan, selain kepada dirinya, bisa juga menyampaikan kritik baik kepada wakil bupati, sekda, maupun kepala OPD. Kritikan para itu dimasukkan dalam kotak yang nantinya bakal disediakan secara khusus.

"Berikan kami kritik, karena kritik bagi saya adalah vitamin," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, di depan peserta upacara dan tamu undangan yang hadir, Dhito juga menyampaikan permintaan maafnya bilamana selama menjalankan pemerintahan masih terdapat banyak kekurangan.

Sekda Kabupaten , Solikin, menambahkan secara teknis kotak kritik bagi nantinya bisa dalam bentuk fisik kotak yang ditempatkan di lingkungan Pemerintah Kabupaten atau juga dalam bentuk aplikasi.

"Nanti akan kita tindak lanjuti, bisa fisik kotak, atau seperti (aplikasi) Halo Mas Bup itu," terangnya.

Sejak awal kepemimpinannya, Dhito juga meluncurkan kotak aduan melalui aplikasi Halo Mas Bup. Aplikasi ini dibuat sebagai sistem pelaporan warga dengan pemerintah yang dapat dipantau langsung oleh bupati. (adv/pkp)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO