Manfaatkan Fasilitas Alam yang Dimiliki, ICT Tuban Kibarkan Bendera di Pohon Siwalan

Manfaatkan Fasilitas Alam yang Dimiliki, ICT Tuban Kibarkan Bendera di Pohon Siwalan

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Insan Cendekia (ICT) yang berada di Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten , memiliki caranya sendiri dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

ICT pilih mengoptimalkan kekayaan alam yang dimiliki dalam upacara peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Yakni memanfaatkan yang tumbuh subur di halaman sekolah dan lingkungan sekitarnya sebagai tiang untuk mengibarkan sang merah putih.

Ketua Yayasan ICT Muhammad Anshori mengatakan ide mengibarkan bendera merah putih di datang dari celotehan para santri, yang menyebut mereka Santri Widengan Andalan (Siwalan).

"Kalimat dari para santri itu yang menjadi inspirasi bagi yayasan untuk menggelar upacara bendera memperingati HUT ke-78 RI dengan menggunakan sebagai tiang bendera," ujar pria yang karib disapa Gus Aan ini.

"Itu kata yang sering diucapkan para santri di sini, karena familiar dan cocok sebagai salah satu daerah penghasil siwalan, maka ide itu muncul," tambahnya.

Gus Aan mengungkapkan sangat identik dengan ICT. Di lahan ICT seluas 2 hektare, terdapat 21 yang berdiri kokoh di tengah-tengah bangunan dan halaman sekolah.

"Pohon siwalan identik dengan toak. Mereka memaknainya menjadi "noto awak" (menata diri). Maksudnya, para santri menata diri untuk menjadi insan berkualitas dan berakhlak," terangnya.

Gua Aan berpesan kepada seluruh generasi muda, khususnya santri ICT, untuk mengisi peringatan Kemerdekaan RI dengan prestasi dan karya-karya nyata yang berguna bagi nusa dan bangsa. (gun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO