Bentengi Pemilih Pemula dari Hoax, FJTB Bojonegoro Gelar Sekolah Jurnalistik

Bentengi Pemilih Pemula dari Hoax, FJTB Bojonegoro Gelar Sekolah Jurnalistik Sekolah jurnalistik yang digelar FJTB Bojonegoro.

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Jawa Timur, Forum Jurnalis Televisi (FJTB) kembali menggelar program sekolah jurnalistik dan literasi digital. Kegiatan ini berlangsung di sekolah SMKN 5 .

Acara yang berlangsung di ruang bengkel sekaligus dijadikan gedung serba guna ini diikuti 50 peserta dari perwakilan siswa masing-masing kelas, Selasa (22/8/2023).

Ketua FJTB, Bambang Yulianto mengatakan, jika kegiatan yang diselenggarakan kesekian kalinya ini mendatangkan dua orang narasumber, di antaranya Dedi Mahdi (MNC Media), serta Bagas Dhani Purwoko (Radar ), yang terverifikasi cek fakta Google News Initiative asia pasifik.

"Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini. Terutama dinas pendidikan Jawa Timur dan SMKN 5 ," kata jurnalis Media Group ini.

Pria yang akrab disapa Eeng ini menambahkan, jika tahun ini FJTB "road show" ke sejumlah sekolah tingkat SLTA di . Selain memberikan pengetahuan tentang jurnalistik, yang tak kalah penting adalah membekali para pelajar tentang literasi digital. Terutama terkait ancaman hoax dan keamanan beraktifitas di dunia maya saat menjelang tahun politik.

"Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, menjelang pemilu tren berita bohong atau hoax di media sosial cukup meningkat, dan ini sebagai salah satu upaya untuk menangkalnya" pungkasnya.

Sementara itu, wakil kepala sekolah bidang kehumasan SMKN 5 , Burhanudin Joe, mengucapkan terima kasih kepada FJTB yang sudah berkenan berbagi ilmu kepada anak didiknya. 

Sedangkan para siswa yang mengikuti kegiatan tersebut cukup antusias. Bahkan setelah acara ini digelar, pihak sekolah berencana mem-follow up-nya dengan membuat kelas khusus jurnalistik yang dijadikan sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.

"Kami sangat berterima kasih kepada teman-teman FJTB yang sudah berkenan berbagi dengan anak-anak didik kami. Selanjutnya kami akan membuat kelas khusus jurnalistik sebagai kegiatan ekstra kurikuler. Rencananya sebulan sekali kita mendatangkan teman-teman jurnalis ke sekolah," ungkapnya. (nur/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO