Lawan Radikalisme hingga Kebodohan, Panglima Santri NU Gaungkan Resolusi Jihad

Lawan Radikalisme hingga Kebodohan, Panglima Santri NU Gaungkan Resolusi Jihad Panglima Santri NU, Habib Umarsyah, saat memberi keterangan kepada awak media terkait Resolusi Jihad yang telah digaungkan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Panglima Santri , Habib Umarsyah, menggaungkan Resolusi Jihad dalam rangka melawan radikalisme, hedonisme, kemiskinan dan kebodohan. Ia mengungkapkan hal tersebut ketika menghadiri seminar yang digelar PC , Rabu (23/8/2023).

"Pada saat itu digelar Muktamar di Banjarmasin 1936 yang terjadi pergumulan pemikiran, untuk konsep negara kita ini seperti apa dan bagaimana untuk merebut kemerdekaan itu pada waktu itu," ujarnya. 

"Baru kemudian terorganisir secara baik dan secara meluas akhirnya bisa merebut kemerdekaan dari tangan Belanda. Kemudian ada informasi bahwa tentara sekutu bersama Belanda akan kembali menyerang dan mengambil kemerdekaan setelah pasca 17 Agustus 1945," imbuhnya.

Panglima ini mengatakan, di situlah terjadi peran para Ulama dan para Kyai mengemuka dan lahirlah resolusi jihad 22 Oktober 1945, yang sebenarnya tidak secara tiba-tiba dengan proses yang panjang.

"Resolusi Jihad pada waktu itu mewajibkan kepada seluruh umat Islam untuk turun berperang melawan penjajah, dan Alhamdulillah semangat Resolusi Jihad itu membuat semua rakyat turun untuk berperang melawan penjajah. Terutama melawan tentara sekutu," ucapnya.

"Sehingga kita tahu, klimaksnya adalah di tanggal 10 November 1945. Kemudian momen itu dijadikan sebagai momen sejarah yang dikenal sebagai gerakan 10 November," tuturnya menambahkan.

Menurut dia, dari situ juga lahirlah sebutan untuk kota ini sebagai kota pahlawan. Tapi ada satu hal yang kita lihat masih minimnya pengakuan peran para santri dan peran Kyai terhadap momen-momen sejarah itu seolah tenggelam.

"Tapi kami anggap sebagai sebuah hal yang biasa. Karena memang para santri dan Kyai tidak menuntut ada imbal balik penghargaan apapun," katanya.

Lihat juga video 'Mobil Angkot Terbakar di Jalan Panjang Jiwo, Sopir Luka Ringan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO