Prasasti Nawa Bhakti Satya Jadi Spot Foto Favorit, Khofifah: Nikmati Keindahannya, Jaga Alamnya

Prasasti Nawa Bhakti Satya Jadi Spot Foto Favorit, Khofifah: Nikmati Keindahannya, Jaga Alamnya Para pendaki saat foto bersama di Prasasti Nawa Bhakti Satya, Gunung Arjuno.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prasasti Nawa Bhakti Satya yang ada di Puncak menjadi salah satu spot foto favorit bagi para pendaki. Bahkan, banyak para pendaki yang mengunggahnya di media sosial.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur menyampaikan apresiasi dan rasa bangganya. Tidak hanya itu, ia juga menyampaikan pesan agar para pendaki selalu menjaga alam dan melestarikan lingkungan gunung.

"Prasasti Nawa Bhakti Satya di jadi salah satu spot foto favorit bagi pendaki gunung arjuno, cantik sekali memang, seperti negeri di atas awan, silahkan nikmati keindahannya jangan lupa jaga alamnya," ujarnya di tengah kunjungan kerjan di Inggris, Sabtu (26/8/2023).

menjelaskan, yang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Malang dan Kabupaten Pasuruan ini berada di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya (Tahura) Raden Soerjo. Menurut dia, memang menawarkan pemandangan yang indah, tak heran banyak pendaki menjadikan sebagai tujuan pendakiannya.

"Di sana memang indah, saat sampai di puncak, kita bisa melihat panorama indah luar biasa, apalagi saat cuaca cerah kita bisa swafoto dengan latar gumpalan awan, jadi seperti negeri di atas awan," tuturnya.

Ia menambahkan, luasnya hutan yang membentang dan eloknya perbukitan di sekitanya bisa menjadi penghilang penatnya pendakian. Ketika sore keindahan langit saat matahari terbenam juga bisa dinikmati dari puncak ogal agil di ketinggian 3.339 mdpl ini.

"Mau pagi atau sore, puncak Arjuno tetap menawarkan pesona indah, dan prasasti Nawa Bhakti Satya ada di spot yang memang paling menarik untuk kita mengabadikan momen," katanya.

Selain menawarkan keindahan, juga merupakan cagar biosfer di kawasan Bromo Tengger Semeru dan Arjuno yang bahkan telah ditetapkan oleh Unesco tahun 2015. Gunung tertinggi kedua di Jatim ini juga menyimpan nilai sejarah.

Di sepanjang jalur pendakiannya, ada berbagai situs bersejarah dan petilasan. Diantaranya Goa Antaboga, Sendang Dewi Kunti, Arca Semar Moksa, Punden dan Arca pertapaan Dewa Wisnu, dan Candi Semilar yang tersusun dari 9 arca penjaga dan 5 arca pandawa.

Lihat juga video 'Ngetrail Jelajah Alas Pinggan Pasuruan, Panen dan Cicipi Kopi Lereng Gunung Arjuno':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO