45 Cakades Siap Bertarung dalam Pilkades Serentak Ngawi

45 Cakades Siap Bertarung dalam Pilkades Serentak Ngawi Salah satu kontestan Pilkades dari Desa Jururejo yang telah lolos sebagai Cakades.

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 17 desa di Kabupaten Ngawi, siap menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, pada 5 Oktober 2023 mendatang.

Sebelumnya, tersiar terdapat 48 orang akan mengikuti pemilihan kepala desa di Ngawi. Namun, saat penetapan calon kepala desa (Cakades) pada Jumat (1/9/2023) lalu, hanya terdaftar 45 orang. Sehingga, terdapat 3 orang yang tidak dapat berpartisipasi dalam agenda Pilkades serentak akan datang.

"Memang sebelum tgl 1 September terdaftar ada 48 orang namun saat penetapan hanya 45 orang yang siap. Yang dua dinyatakan mengundurkan diri dari desa pojok dan satu orang dari desa Sirigan," jelas Kabul Tunggul Winarno, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Ngawi, Senin (4/9/2023).

Saat ditemui di ruangannya, Kabul menjelaskan mundurnya ketiga Cakades tersebut dengan berbagai alasan.

Sedangkan, dari desa yang akan menggelar Pilkades serentak, lanjut Kepala DPMD, meliputi 17 desa, diantaranya Desa Wonosari, dan Desa Gendol Kecamatan Sine, Desa Simo dan Desa Pojok, Kecamatan Kwadungan, Desa Campurasri dan Desa Gempol, Kecamatan Karangjati.

Kemudian, Desa Banjaransari dan Desa Tambakromo, Kecamatan Padas, Desa Beran, dan Jururejo Kecamatan Ngawi, Desa Sirigan dan Desa Kebon, Kecamatan Paron.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO