5 Isu Penting Hasil KTT ASEAN-43 di Jakarta

5 Isu Penting Hasil KTT ASEAN-43 di Jakarta 5 Isu Penting Hasil KTT ASEAN-43 di Jakarta. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo resmi menutup ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC) pada hari Kamis (7/9/2023) sore. KTT ke-43 ASEAN meningkatkan energi positif serta optimisme negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan para mitranya.

"Selama tiga hari ini, 12 pertemuan KTT telah diselenggarakan dan telah menghasilkan 90 dokumen outcome disertai sejumlah kesepakatan konkret dengan mitra. Selama pertemuan, saya menangkap optimisme dan energi positif dari seluruh yang hadir. Jujur saya katakan, ini menguatkan harapan, ini menguatkan semangat, untuk terus melanjutkan perjuangan mewujudkan kawasan yang damai, kawasan yang stabil dan kawasan yang sejahtera," ujar Presiden Jokowi.

Berikut 5 isu penting hasil KTT ke-43 ASEAN di Jakarta:

1. Indo Pasifik

Dalam pertemuan para pemimpin ASEAN, kawasan Indo Pasifik disebut menjadi perhatian karena meningkatnya ketegangan geopolitik di kawasan tersebut.

Para pemimpin sepakat untuk mempromosikan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) untuk menciptakan stabilitas, perdamaian, keamanan dan kemakmuran di kawasan.

ASEAN menyambut kerja sama AOIP antara ASEAN-Selandia Baru dan menantikan penerapan serupa dengan Amerika Serikat, China dan Korea Selatan.

2. Laut China Selatan

Para pemimpin ASEAN sepakat menjag sikap dari tindakan yang akan memperkeruh perdamaian.

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO