Ketua TP PKK Kota Kediri Tekankan Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Harus Berkala

Ketua TP PKK Kota Kediri Tekankan Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Harus Berkala Branch Manager Prodia Christina Ciptaningru saat menyerahkan bingkisan kepada Bunda Fey. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Ketua TP PKK Kota Kediri Ferry Silviana Abu Bakar membuka seminar nasional yang diselenggarakan oleh bertema "Genku Bukanlah Genmu, Dietmu Bukanlah Untukku", Sabtu (9/9/2023).

Seminar ini dilaksanakan dalam rangka HUT ke-50  bertempat di Ruang Kilisuci Hotel Grand Surya Kediri. Peserta yang mengikuti seminar dari rumah sakit, Pemerintah Kota Kediri, perbankan, dan masyarakat.

Dalam sambutannya, , sapaan akrab istri Wali Kota Kediri itu, menyampaikan bahwa salah satu tugas Ketua TP PKK Kota Kediri adalah selalu berkecimpung dalam urusan perempuan baik ibu-ibu maupun para remaja.

Oleh karena itu, seringkali PKK Kota Kediri menggelar kegiatan pemeriksaan reproduksi wanita seperti deteksi dini kanker mulut rahim maupun pemeriksaan payudara. Kegiatan ini ditujukan untuk masyarakat Kota Kediri dan gratis.

Alasan seringkali diselenggarakan tiga pemeriksaan itu, menjelaskan bahwa kanker mulut rahim dan kanker payudara masih menjadi pembunuh nomor satu di Indonesia maupun luar negeri.

Pentingnya pemeriksaan rutin ini bila sudah terkena bisa segera diobati. Namun bila tidak terkena bisa dilakukan pencegahan, karena kanker mulut rahim ini bisa dideteksi sejak awal dan telah ada vaksinnya.

“Sayang sekali apabila para perempuan ini tidak mau, tidak punya kesadaran diri, atau bahkan belum tahu bahwa pemeriksaan ini harus dilakukan secara berkala," tutupnya.

Sedangkan narasumber seminar nasional ini adalah dokter spesialis gizi Dewa Ayu Liona dan Agnes Hartati. Turut hadir dalam acara ini Branch Manager Christina Ciptaningru, narasumber dan 80 peserta seminar. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO