Musim Mangga Tiba, Khofifah Ajak Karyawan dan Wartawan Nikmati Legitnya Mangga asal Kediri

Musim Mangga Tiba, Khofifah Ajak Karyawan dan Wartawan Nikmati Legitnya Mangga asal Kediri

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Memasuki musim buah mangga, Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa tak mau ketinggalan untuk menikmati manis dan segarnya buah dari wilayah tropis tersebut bersama karyawan dan para wartawan di Kantor Gubernur Jawa Timur, Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Jumat (29/9).

Gubernur menikmati dua jenis buah mangga yaitu gadung dan manalagi asal . Sekitar 150 buah mangga disiapkan Gubernur untuk karyawan dan wartawan. Sembari bersantap makan siang, Gubernur menambah suasana gayeng tersebut dengan mengajak mereka menikmati buah mangga. Ia menyampaikan bahwa meski terlihat masih hijau kulit luarnya, mangga yang yang dikupasnya sudah matang sempurna.

"Ini masak pohon, baru dipanen kemarin di wilayah Kelud, . Kalau masak pohon, buahnya ini bisa dilihat dari ujungnya,” terang Gubernur.

Gubernur juga menjelaskan bagaimana cara mengupas mangga  yakni dari ujung, bukan dari sisi tangkainya. Terbukti, usai dikupas bagian daging buah mangga tersebut tampak matang.

“Ini rasanya sangat manis dan tanpa serat khas mangga jenis gadung,” kata .

Sambil makan mangga bersama, juga mengajak yang hadir untuk turut menjadi agen yang mempromosikan produk lokal unggulan dari Jawa Timur kepada kerabat terdekat dan masyarakat luas.

"Selanjutnya kita perlu meluaskan olahan mangga sehingga ketika musim mangga bisa dinikmati lebih lama karena sudah diolah. Hal ini juga bisa memberi nilai tambah bagi petani mangga karena dapat mengurangi potensi kebusukan," ajak Gubernur.

"Jawa Timur ini banyak keragaman produk lokal yang unggul. Baik buah, sayur, hingga batik dan kerajinan tangan. Jadi harapannya, kita bisa mempromosikan produk-produk tersebut kepada masyarakat luas. Agar produk unggulan Jatim semakin meluas dan mendunia,” pungkasnya. (dev/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO