Megah dan Berkelas, Pembukaan MTQ ke-30 Jawa Timur di Kota Pasuruan

Megah dan Berkelas, Pembukaan MTQ ke-30 Jawa Timur di Kota Pasuruan

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Gelaran Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Jawa Timur ke-30 di Kota 2023 secara resmi dibuka pada Minggu (1/10). Ditandai dengan tabuhan bedug oleh Gubernur , ribuan kafilah dari 38 kabupaten/kota siap berkompetisi pada event dua tahunan tersebut. 

Berlangsung di Stadion Untung Suropati , pembukaan MTQ ke-30 tingkat provinsi berjalan spektakuler dengan sejumlah atraksi menarik serta dihadiri ribuan tamu undangan. Hal ini membuat Stadion Untung Suropati tak ubahnya seperti lautan manusia.

Penampilan demi penampilan turut memeriahkan prosesi pembukaan tersebut. Diawali oleh pembacaan puisi oleh KH Zawawi Imron berjudul "Dari Harumkan Nama Indonesia", berturut-turut berbagai seniman dan pengisi acara menampilkan performa memukau yang membuat pembukaan MTQ semakin terasa megah dengan dilengkapi tata cahaya ciamik dari tiga set panggung di sisi selatan stadion.

Malam itu Pemkot menyuguhkan konsep pembukaan yang menjadi perpaduan antargenerasi. Termasuk adanya performa grup ansambel pelajar SD hingga SLTA se-Kota . Penampilan grup musik Padang Howo, tarian kolosal, serta berbagai atraksi lain ditampilkan sebelum kehadiran guest star utama sang penyanyi lagu-lagu religi yang sudah kondang, Opick.

Selanjutnya, Kabupaten Bangkalan menjadi pemula dari pemanggilan kontingen yang memasuki venue melewati panggung utama di hadapan gubernur dan undangan lain. Berturut-turut pembawa acara kemudian memanggil satu persatu nama kabupaten dan kota hingga puncaknya, gemuruh sorak sorai penonton terdengar semakin riuh tatkala kontingen kafilah Kota menjadi penutup dari sesi defile kafilah ini.

Ribuan kafilah ini akan memperebutkan piala bergilir juara umum yang pada edisi sebelumnya disabet oleh Lamongan.

Gubernur Jatim , menyatakan terkesan dengan suasana pembukaan MTQ Jawa Timur di Stadion Untung Suropati. Beberapa kali kamera menyorot wajah sumringah mantan Menteri Sosial RI dalam menikmati tiap momen penampilan pengisi acara.

Menurutnya, kemeriahan acara ini menunjukkan semangat dan antusiasme masyarakat Kota menyambut perhelatan MTQ. Ia berharap semangat ini dapat bermuara pada lahirnya kafilah-kafilah yang nantinya menjadi tumpuan Jawa Timur dalam MTQ Nasional

"Saya berharap pelaksanaan MTQ di Kota menghasilkan para kafilah yang membawa Jawa Timur kembali juara umum di MTQ nasional," ujarnya berharap.

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO