Wali Kota Kediri Apresiasi Tutor English Massive Peraih Beasiswa LPDP di University of Edinburg

Wali Kota Kediri Apresiasi Tutor English Massive Peraih Beasiswa LPDP di University of Edinburg Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat menyalami salah satu tutor program English Massive, Cindy. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, mengapresiasi keberhasilan Cindy, tutor English Massive yang mendapat beasiswa LPDP. Menurut dia, program English Massive memiliki kualitas yang sangat bagus karena memiliki tutor-tutor yang keren dan berkualitas.

"Program ini bukan program main-main meskipun gratis. Kami desain sebaik mungkin untuk masyarakat Kota . Tutornya kami pilih yang berkualitas," ujarnya, Senin (2/10/2023). 

Cindy berhasil lolos seleksi beasiswa LPDP dari Kemenkeu melalui jalur reguler Non-LoA pada 2022. Ia kini telah menjalani pendidikan di University of Edinburgh, kampus yang menjadi tujuannya saat mendaftar beasiswa.

Ada beberapa syarat yang harus dipenuhinya agar bisa lolos beasiswa LPDP, yakni skor IELTS yang masih berlaku dengan skor keseluruhan minimal 6,5, untuk mendaftar di University of Edinburgh overall 7 dan skor per skill 6,5.

Lalu, ada surat rekomendasi dari dosen atau atasan, kemudian menulis esai tentang komitmen kembali ke Indonesia, rencana pascastudi, dan rencana kontribusi di Indonesia. Kemudian mengisi formulir pendaftaran di website LPDP dan IPK minimal 3,0 pada skala 4,0.

"Syarat mungkin berbeda tiap tahunnya jadi jika ingin mendaftar bisa langsung cek di website untuk melihat persyaratan terbaru. Kebetulan untuk syarat LPDP tahun 2022 syarat-sayarat tersebut yang harus saya penuhi," kata Cindy.

Selain memenuhi beberapa syarat, ia menjelaskan ada beberapa tahap seleksi yang dilewatinya. Di LPDP sendiri ada tiga tahap seleksi untuk jalur Reguler Non-LoA, yaitu, seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, dan yang terakhir seleksi substansi.

Cindy memiliki persiapan yang berbeda-beda pada setiap tahap seleksi. Pada tahap awal Ia harus benar-benar memperhatikan apakah semua persyaratan sudah terpenuhi atau belum dan yang terpenting adalah riset. Teliti betul-betul mengenai jurusan dan universitas tujuan karena jika lolos ke tahap wawancara, pasti akan ditanyakan. Harus yakin dan konsisten dengan jawaban yang diberikan.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO