Wali Kota Kediri: Operasi Pasar Sebagai Bentuk Intervensi Stabilkan Harga Beras

Wali Kota Kediri: Operasi Pasar Sebagai Bentuk Intervensi Stabilkan Harga Beras Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar, saat meninjau operasi pasar di Kantor Kelurahan Tamanan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Operasi pasar beras kembali digelar di Kota  selama 3 hari, 4-6 Oktober 2023. Setiap lokasi disiapkan 8 ton beras, dan setiap orang hanya bisa membeli maksimal 2 kantong beras.

Terdapat 3 titik lokasi yang menjadi tempat operasi pasar beras, yakni Kantor Kelurahan Balowerti, Kantor Kelurahan Bawang, dan Kantor Kelurahan Tamanan yang digelar pada hari Jumat (6/10/2023). Sedangkan di setiap lokasi disiapkan 8 ton beras yang sudah dikemas dalam sak berisi @5kg.

Wali Kota , Abdullah Abu Bakar, mengungkapkan bahwa operasi pasar ini merupakan kerja sama antara pihaknya, , dan Bank Indonesia untuk menstabilkan harga. Karena harga beras terus melambung tinggi. Ia mengungkapkan hal tersebut ketika meninjau operasi pasar di Kantor Kelurahan Tamanan

Ia menambahkan, kondisi harga beras ini memang sudah diprediksi oleh Presiden Republik Indonesia akan naik sehingga perlu adanya intervensi. Pimpinan daerah yang akrab disapa Mas Abu itu menuturkan, intervensi yang dilakukan yakni dengan melakukan operasi pasar beras dan juga bantuan pangan untuk masyarakat yang tidak mampu.

Adanya operasi pasar beras memang selalu menyedot antusias masyarakat, tampak antrean warga yang panjang dan mengular. Tak lupa, Wali Kota juga menyapa para warga yang sedang mengantri dan bertanya terkait dengan beras murah ini.

"Saya tadi juga tanya kepada warga apakah ada yang sudah makan beras ini, ternyata ada dan katanya bagus. Dan kondisi berasnya juga bagus," kata Mas Abu.

Sementara itu, Siti Rodiah warga Kelurahan Lirboyo mengungkapkan dengan adanya operasi pasar beras ini sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, apalagi sekarang ini harga beras lagi mahal sekitar 14 ribu per kg. Harapannya, operasi pasar seperti ini bisa diselenggarakan kembali dan harga beras bisa segera turun.

"Senang sekali ada operasi pasar ini, sangat meringankan untuk memenuhi kebutuhan hidup saya sekeluarga," ujarnya.

Berdasarkan pantauan harga pasar, harga beras premium di pasaran sudah mencapai harga Rp15 ribu per kg. Untuk harga beras medium harganya sekitar Rp12-13 ribu per kg, sedangkan operasi pasar harganya Rp52 ribu per sak yang berisi 5 kg beras.

Saat peninjauan, Wali Kota juga didampingi Kabag Perekonomian Tetuko, Erwin Sukarno; Camat Mojoroto, Bambang Tri Lasmono; dan Lurah Tamanan Yahya Budijono. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO