Tingkatkan Keberhasilan Pengobatan TBC, Pemkot Kediri Gelar Rakor Lintas Sektor

Tingkatkan Keberhasilan Pengobatan TBC, Pemkot Kediri Gelar Rakor Lintas Sektor Rakor lintas sektor demi meningkatkan keberhasilan pengobatan TBC di Kota Kediri. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Capaian pengobatan di pada 2022 hanya mencapai 82,5 persen dari target yang diberikan , yakni 90 persen. Oleh karena itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) menggelar rapat koordinasi lintas sektor yang diikuti 60 peserta demi meningkatkan keberhasilan pengobatan , Kamis (9/11/2023).

Kepala Dinkes , Muhammad Fajri Mubasysyir, menyebut kasus di Indonesia menempati peringkat kedua setelah India, yakni dengan jumlah kasus 969 ribu dengan angka kematian 93 ribu per tahun atau setara dengan 11 kematian per jam.

Sedangkan pada 2022, pihaknya menemukan 1.214 kasus baru yang menjadikan tertinggi di Jawa Timur.

"Kalau di tiap tahun dinkes menemukan tidak kurang 1.000 kasus baru. Tahun 2022 saja kita menemukan 1.214 kasus baru dan yang tertinggi se-Jatim," ujarnya.

Menurut dia, Pemkot Kediri saat ini memang berupaya untuk menemukan sebanyak-banyaknya kasus baru masyarakat yang terkena agar dapat segera ditangani dan diobati. 

Namun, angka keberhasilan pengobatan masih belum mencapai target dari yang ditentukan karena berbagai faktor, salah satunya kepatuhan masyarakat dalam pengobatan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO