Pj Wali Kota Kediri Buka Talkshow Edukasi Keuangan Inklusif untuk 3 Kategori ini

Pj Wali Kota Kediri Buka Talkshow Edukasi Keuangan Inklusif untuk 3 Kategori ini Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota , Zanariah, membuka Talkshow Edukasi Keuangan Inklusif untuk pemuda, perempuan, dan UMK, di GOR Surya Universitas Kadiri, Senin (13/11/2023). Acara ini juga menghadirkan narasumber dari Deputi Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Ferry Irawan.

"Terima kasih atas digelarnya acara edukasi keuangan inklusif di Kota untuk pemuda, perempuan, dan pelaku UMK. Seperti kita ketahui, 3 kelompok ini memiliki andil besar dalam pertumbuhan ekonomi, baik dari segi produksi dan konsumsi," kata Zanariah.

Menurut data Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) pada 2022, ia mengatakan bahwa tingkat inklusi keuangan masyarakat Kota sebesar 87,56 persen, yang mana angka tersebut cukup tinggi. Hal ini menandakan sebagian besar masyarakat Kota mudah mengakses lembaga keuangan formal.

Tapi di sisi lain, lanjut Zanariah, tingkat literasi keuangannya hanya 20,21 persen dan artinya inklusifitas yang tinggi belum berimbang dengan pemahaman masyarakat terkait layanan jasa keuangan formal serta investasi. Kondisi itu sangat rawan bagi pertumbuhan ekonomi di tengah banyaknya isu produk keuangan ilegal yang merugikan masyarakat.

Produk keuangan ilegal seperti pinjaman online, investasi dan trading bodong yang sering kali menghadirkan iming-iming akses mudah, bunga rendah, untung besar, dan cepat didapat. Bidikannya pun tertuju pada masyarakat yang rentan.

"Misalnya perempuan yang sering kali menjadi menteri keuangan rumah tangga, anak muda yang memiliki obsesi uang jajan tambahan, dan para pelaku UMK yang butuh tambahan modal. Kondisi ini perlu kita waspadai bersama karena mengancam pertumbuhan ekonomi di kota ini. Dimana Kota saat ini pun masih struggle untuk menyamai situasi sebelum pandemi," urai Zanariah.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO