Bupati Sidoarjo Ajak Ratusan Kader Kesehatan Remaja Cegah Stunting

Bupati Sidoarjo Ajak Ratusan Kader Kesehatan Remaja Cegah Stunting Bupati Sidoarjo, Ahmad Muhdlor Ali, saat membuka Talkshow HKN 2023 di Pendopo Delta Wibawa.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Bupati , Ahmad Muhdlor Ali, mengajak ratusan Kader Kesehatan Remaja di Kota Delta bergerak bersama pemerintah dalam pencegahan kasus . Mereka diundang dalam Talkshow Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 59 bertajuk 'Remaja Glowing Bebas Stunting' di Pendopo Delta Wibawa, Selasa (14/11/2023).

Agenda tersebut menghadirkan 600 pelajar dari SMA/SMK yang menjadi Kader Kesehatan Remaja di sekolahnya. Pimpinan daerah yang akrab disapa itu menyatakan, dari 2 juta penduduk terdapat 1,4 juta orang usia produktif, atau 72 persen penduduk sebagian besar remaja.

Disebutkan, Indonesia pada 2030 mengalami puncak bonus demografi. Menurut dia, hal itu akan menjadi bencana kalau bonus demografi diisi oleh anak muda yang tidak berkualitas atau anak muda yang atau gizinya buruk.

“Gizi buruk itu tidak ditentukan oleh kaya atau miskin, tetapi juga ditentukan oleh pola hidup,” ujarnya.

Bupati saat menyerahkan penghargaan kepada Tenaga Kesehatan Teladan saat Talkshow HKN 2023. Foto: Ist

Ia menambahkan, hampir lebih dari 51 persen pemuda-pemudi menderita anemia atau kurang darah. Kebiasaan jelek selama ini menjadi salah satu penyebabnya, seperti tidak membiasakan sarapan atau makan pagi sebelum berangkat beraktivitas, dan hampir 65 persen pemuda pemudi yang memiliki kebiasaan seperti ini.

“Dan 93 persen pemuda-pemudi tidak suka sayur dan buah-buahan dan 33 persen pemuda-pemudi tidak memiliki aktivitas fisik yang mencukupi tetapi sebagaian besar pemuda-pemudi menkonsumsi gula, garam dan lemak yang berlebihan,” paparnya.

Oleh karena itu, ia meminta pemuda-pemudi dapat menjalankan pola hidup yang sehat. Dikatakannya dukungan generasi muda sangat dibutuhkannya dalam pembangunan. Sebab, mereka menjadi salah satu penguat pembangunan. 

“Kabupaten yang kuat juga didorong oleh pemuda yang kuat dan pemuda yang kuat ditentukkan oleh pola hidupnya sendiri,” kata alumnus Fisip Unair ini.

Saat Talkshow, juga memberikan sertifikat penghargaan kepada kader kesehatan yang telah mengabdi selama 40 tahun bagi pembangunan kesehatan di . Selain itu juga diberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan teladan, serta penyerahan hadiah lomba Dance Competition dan lomba konten creator edukatif dalam rangka peringatan HKN tahun 2023. (sta/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO