Komisi X DPR RI Inspeksi Bantuan TIK di Gresik, Wakil Bupati Bilang Begini

Komisi X DPR RI Inspeksi Bantuan TIK di Gresik, Wakil Bupati Bilang Begini Wabup Gresik, Aminatun Habibah saat menerima kunjungan kerja rombongan Komisi X DPR RI. FOTO: ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati (wabup) , menerima kunjungan kerja Komisi X (bidang pendidikan) , Kamis (16/11/2023). Kunjungan rombongan dipimpin Hetifah Sjaifudian dalam rangka melihat bantuan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) ke satuan pendidikan.

Diawali dengan peninjauan di UPT SDN 09 . Kemudian dilanjutkan peninjauan di UPT SMPN 34 . Bantuan perangkat TIK berupa chromebook untuk satuan pendidikan di Kabupaten berasal dari 2 sumber pendanaan. Yaitu, APBN dan Dana Alokasi Khusus (DAK) TIK tahun 2020 hingga 2023.

Ada 136 lembaga pendidikan yang menerima. Rinciannya, SD 09, SMP 16, PAUD 20, SLB 2 dan SMA 8 buah. Sedangkan dari DAK TIK mendapat 46 chromebook. Rinciannya, SD 35, SMP 2, SKB 1, SMA 3 dan SMK 5 buah.

Perangkat TIK chromebook dimanfaatkan sekolah untuk menunjang proses belajar mengajar, seperti membuka platform merdeka mengajar, mengakses rumah belajar, membuka aplikasi perpustakaan digital juga digunakan untuk melaksanakan asesmen nasional berbasis komputer.

Di hadapan rombongan Komisi X, Wabup menyampaikan capaian Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten . Dikatakan Wabup, capaian IPM Kabupaten tahun 2023 7,9 persen . Saat ini sudah melampaui IPM nasional yang berada di angka 7,4 persen.

"Capaian ini, masih akan terus ditingkatkan hingga mencapai target di atas angka 8 persen. Karena itu, diperlukan dukungan salah satunya pada bidang pendidikan, seperti perangkat TIK dalam kegiatan pembelajaran," ucapnya.

Wabup juga menyampaikan, besarnya perhatian Pemerintah Kabupaten pada bidang pendidikan. Perhatian ini tercermin dari besarnya anggaran yang dialokasikan Pemkab dalam peningkatan kualitas pendidikan.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO