PCNU dan Polres Tuban Berikan Bantuan Air Bersih di Beberapa Desa Terdampak Kekeringan

PCNU dan Polres Tuban Berikan Bantuan Air Bersih di Beberapa Desa Terdampak Kekeringan Kapolres Tuban bersama Ketua PCNU Tuban membagikan air bersih ke desa terdampak kekeringan.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Meskipun beberapa wilayah di Kabupaten Tuban sempat terguyur hujan, namun masih ada beberapa desa yang masih kesulitan mendapatkan air bersih. Salah satunya di Dusun Sarigede, Desa Latsari, Kecamatan Bancar.

Di dusun itu, memang berada di dataran tinggi yang lokasinya sekitar 50 kilometer dari pusat kota Tuban. Demi mendapatkan air bersih, warga setempat rela bergantian untuk mengambil air bersih dari sumur yang berada di wilayah tersebut.

Namun, sejak kemarau panjang, ternyata mata air tak mampu mengeluarkan air untuk warga sekitar. Sehingga, membuat warga kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Melihat kondisi itu, Pimpinan Cabang Nahdlatul (PCNU) Tuban bersama Polres Tuban menggelar bakti sosial pembagian air bersih kepada warga Dusun Sarigede, Desa Latsari, pada Jum'at (17/11/2023).

Sebanyak 5 truk tangki yang berisikan 25 ribu liter air, didistribusikan kepada masyarakat. Terlihat puluhan warga yang kebanyakan ibu-ibu antusias menunggu giliran untuk mendapatkan air bersih.

Usai menyerahkan bantuan secara simbolis, Ketua PCNU Tuban KH Damanhuri mengatakan, kegiatan pembagian air bersih kepada masyarakat sudah dilakukan di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

"Ini adalah titik yang ke 42 kita memberikan bantuan air bersih kepada warga," kata Yai Damanhuri sapaan akrabnya.

Ia mengatakan, selain 25 ribu liter air bersih yang disalurkan, dalam kegiatan tersebut juga membagikan bantuan air minum kemasan 200 kardus serta 200 galon merk Noe Minerale.

Ia berharap, air kemasan miliki PCNU ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat Tuban.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO