Ini Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Buka Peringatan Hari Disabilitas Internasional

Ini Pesan Pj Wali Kota Kediri saat Buka Peringatan Hari Disabilitas Internasional Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, saat menyapa salah satu penyandang disabilitas. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com , Zanariah, membuka peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2023, Minggu (26/11/2023). Bertempat di Gedung Nasional Indonesia (GNI), kegiatan berlangsung meriah dengan berbagai penampilan dari disabilitas di Kota Kediri. Ada pula pameran produk-produk buatan rekan-rekan disabilitas.

"Selamat Hari Disabilitas Internasional tahun 2023 kepada seluruh teman-teman disabilitas. Saya mengapresiasi tekad dan perjuangan teman-teman yang begitu hebat. Teman-teman memiliki keistimewaan sekaligus talenta yang luar biasa sehingga menghasilkan karya yang keren dan bernilai ekonomi," kata Zanariah.

Ia menyatakan, selalu mendukung teman-teman disabilitas. Dari saran-saran yang masuk, pihaknya berupaya untuk semakin responsif terhadap kebutuhan kemudahan akses bagi para disabilitas.

Seperti tema peringatan HDI tahun ini, pemerintah daerah setempat berkomitmen menjadikan Kota Kediri ramah disabilitas. Seperti pada bidang pendidikan yang telah ditambah sekolah inklusi dengan adanya SMPN 9. 

Zanariah menyebut, semua pelayanan telah bertransformasi lebih mudah dijangkau teman-teman disabilitas. Akses khusus disabilitas juga telah disediakan, seperti di Balai Kota Kediri yang sedang dibangun lift menuju lantai dua untuk memudahkan teman-teman disabilitas.

"Secara berkala juga menyediakan pendampingan, pelatihan, dan bantuan modal. Hal itu untuk meningkatkan keterampilan dan mengembangkan usaha teman-teman. Sehingga teman-teman disabilitas juga ikut andil dalam menaikkan pertumbuhan ekonomi di Kota Kediri," paparnya.

juga mengajak seluruh pihak di wilayahnya untuk bersinergi melebur sekat-sekat penghambat ruang gerak teman-teman disabilitas. Menurut dia, kolaborasi harus dilakukan untuk membangun iklim ramah disabilitas.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO