Buka Business Coaching 'Kediri Youth Entrepeneur', ini Pesan Pj Wali Kota Kediri kepada UMKM

Buka Business Coaching Pj. Wali Kota Kediri Zanariah saat menyerahkan sertifikat halal bagi pelaku UMKM. Foto: Ist.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Kediri Zanariah membuka business coaching '' di Aula Udinus Kediri, Sabtu (2/12/2023). Kegiatan ini diikuti oleh 150 pengusaha muda dengan menghadirkan dua narasumber, yakni Owner Pakuaty Bachtiar Widhi dan Owner Bayleaf Ekalaya Fahmirohman.

"Business coaching ini kan baru awal bagi teman-teman pengusaha muda, makanya mental sangat penting sekali. Di sini mereka akan belajar pada enterpreneur Kota Kediri yang sudah terjun ke lapangan. Mumpung masih muda memang harus belajar sebanyak-banyaknya," ujarnya.

Zanariah mengungkapkan keberadaan pengusaha memiliki peran penting dan mampu menjadi solusi bagi masalah pembangunan suatu negara. Melalui sektor swasta ini tercipta lapangan kerja, kemajuan ekonomi dan sosial negara, serta lahirnya banyak inovasi.

"Dapat disimpulkan semakin banyak suatu negara memiliki pengusaha, maka pertumbuhan ekonominya semakin tinggi. Hal itu terbukti ketika pandemi lalu negara bisa bertahan karena memiliki banyak UMKM," imbuhnya.

Oleh karena itu, pemerintah kini memperkuat posisi UMKM yang bergerak di bidang ekonomi kreatif. Yakni melalui peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2022 tentang peraturan pelaksanaan UU nomor 24 tahun 2019 tentang ekonomi kreatif.

Peraturan pemerintah tersebut mengamanatkan bahwa pemerintah daerah memiliki peranan untuk memfasilitasi pelaku usaha dalam pengembangan sistem pemasaran ekonomi kreatif berbasis intelektual.

Untuk mendukung peraturan tersebut, Pemkot Kediri memiliki serangkaian program fasilitasi yang telah dijalankan. Antara lain, kemudahan pelayanan perizinan usaha secara digital, fasilitasi sertifikat halal dan HAKI, pelatihan produksi hingga pemasaran, business coaching, inkubasi bisnis, business matching, mengadakan berbagai pameran, promosi pemasaran, fasilitasi produk UMKM ke toko retail, bantuan modal usaha, dan kredit usaha dengan bunga rendah.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO