Ini Bahaya Jika Makan Nasi dalam Kondisi Panas

Ini Bahaya Jika Makan Nasi dalam Kondisi Panas Ilustrasi.

BANGSAONLINE.com - Nasi merupakan makanan pokok bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Nasi bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan, seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, dan lain-lain.

Namun, tahukah Anda bahwa memakan nasi panas bisa berbahaya bagi kesehatan?

Berikut adalah beberapa bahaya memakan nasi panas:

Meningkatkan risiko kanker usus besar

Penelitian yang dilakukan oleh University of California, San Francisco, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa makan nasi panas dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Hal ini disebabkan oleh kandungan akrilamida yang tinggi dalam nasi panas. Akrilamida adalah zat karsinogenik yang dapat merusak sel-sel DNA.

Meningkatkan risiko penyakit jantung

Penelitian yang dilakukan oleh University of Oxford, Inggris, menunjukkan bahwa makan nasi panas dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Hal ini disebabkan oleh kandungan amilum resisten yang tinggi dalam nasi panas. Amilum resisten adalah jenis karbohidrat yang tidak dapat dicerna oleh tubuh. Amilum resisten dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.

Menyebabkan gangguan pencernaan

Nasi panas dapat menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual, muntah, dan diare. Hal ini disebabkan oleh kandungan pati yang tinggi dalam nasi panas. Pati yang tidak tercerna dapat menghambat pergerakan makanan di saluran pencernaan, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Menyebabkan kerusakan gigi

Lihat juga video 'Terbukti! Cara ini Basmi Kecoa di Mobil Anda':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO