Polda Jatim Ungkap Jaringan Narkoba Antar Pulau dari China

Polda Jatim Ungkap Jaringan Narkoba Antar Pulau dari China Ditresnarkoba Polda Jatim saat menunjukkan barang bukti narkoba jaringan antar pulau yang dikirim dari China.

SURABAYA, BANGSAONLIEN.com - Ditresnarkoba memusnahkan 14.778 kilogram sabu-sabu, 3.226 kilogram ganja, 4.308 butir ekstasi, dan 273 ribu pil double L, Kamis (21/12/2023).

Barang bukti narkoba tersebut didapat dari 12 pelaku jaringan Sumatera, Jawa dan Jakarta. Diantaranya, DM (41), JM (41), CMAS (24), RA (29), IS (28), S (39), SI (28), DD (28), B (33), FP (32), MGS (32) dan MIK (25).

Dalam menjalankan aksinya, para pelaku berperan sebagai kurir yang dikirim dari China melalui jalur laut.

Untuk mengelabui para petugas, para pelaku tersebut menyembunyikan narkoba tersebut dalam kemasan teh China.

Misalnya sabu-sabu, setelah dikemas rapi, para pelaku menyembunyikan barang tersebut di dalam drum yang telah diberikan pemberat berupa batu. Pemberat tersebut, berfungsi untuk mengelabui petugas saat melakukan pengecekan. Saat petugas datang, narkoba tersebut ditenggelamkan di dalam laut.

Dirnarkoba Polda Jawa Timur Kombes Pol Robert Da Costa mengatakan, semua narkoba didapat sepanjang tahun ini. Seluruh pelaku yang diamankan jaringan berbeda. Meski begitu, narkoba berasal dari negara yang sama, yaitu Tionghoa.

Ia menyebutkan, sebelum masuk ke Indonesia, narkoba-narkoba tersebut transit di beberapa negara, diantaranya Vietnam, Malaysia, hingga akhirnya ke Indonesia, melalui Sumatera Utara.

“Modus yang dilakukan merupakan trik lama. Dan cukup mudah terdeteksi oleh pihaknya. Meski begitu, modus operandi lawas itu tetap dilakukan pelaku,” ungkapnya.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO