Awali Hari Jadi ke-1220, Pemkab Kediri Ambil Air dari 7 Sumber

Awali Hari Jadi ke-1220, Pemkab Kediri Ambil Air dari 7 Sumber Prosesi pengambilan air di salah satu sumber air di Kabupaten Kediri. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten akan berusia 1.220 pada 25 Maret 2024. Tiga tahun belakangan kearifan lokal, oleh Pemkab dilestarikan secara serius, salah satunya penyatuan air dari 7 sumber mata air.

Pengambilan air dari tujuh sumber ini melambangkan doa agar wilayah dengan penduduk sekitar 1,6 juta jiwa ini mendapatkan pitulungan (pertolongan) dari Tuhan. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Bidang Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten , Nurvika Maharani, usai mengambil air dari Sumber Sugih Waras, Desa Dukuh, Kecamatan Ngadiluwih, Kamis, (7/3/2024).

“(Diambil) tujuh sumber itu, karena mengingat tujuh itu (melambangkan) pitulungan. Jadi ada tujuh sumber yang akan kita ambil dalam setiap tahun,” jelasnya.

Dalam perayaan hari jadi Kabupaten , kata Nurvika, diawali dengan prosesi sesuci tirta tersebut. Kemudian air-air tersebut nantinya akan disatukan dalam sebuah wadah tertentu yang digunakan dalam prosesi basuhan Forkopimda di acara inti hari jadi.

Menurutnya, kekayaan sumber mata air di Bumi Panjalu sangat melimpah yang memungkinkan setiap tahunnya air yang diambil berasal dari sumber yang berbeda. Hal ini sekaligus bertujuan untuk mengenalkan berbagai potensi sumber mata air di Kabupaten .

“Setelah (air) terkumpul semua akan kita jadikan satu, untuk prosesi wijikan Mas Bup (sapaan akrab Bupati Hanindhito Himawan Pramana) dan Forkopimda pada acara prosesi hari jadi,” urainya.

Nurvika menambahkan, di tahun ini pengambilan 6 sumber mata air dilakukan selama 3 hari, yakni pada 6 hingga 8 Maret 2024. Sementara satu sumber air dari Desa Siman rencananya dilaksanakan menjelang prosesi inti.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO