Masuk 3 Besar Kampung KB se-Jatim, Kelurahan Tamanan Kediri Terima Kunjungan Lapang Tim Penilai

Masuk 3 Besar Kampung KB se-Jatim, Kelurahan Tamanan Kediri Terima Kunjungan Lapang Tim Penilai Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Kediri, Mandung Sulaksono, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Tamanan, Kecamatan Mojoroto, menjadi salah satu dari 3 kota yang berhasil masuk dalam 3 besar pada lomba Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Kategori Kota se-Jawa Timur. Ajang tersebut digelar Jatim. 

Setelah melalui tahapan seleksi awal pada Februari 2024, Kelurahan Tamanan yang mewakili Kota Kediri menerima kunjungan lapangan dari Tim Penilai Provinsi, Jumat (15/3/2024). Rombongan disambut Asisten Pemerintahan dan Kesra , Mandung Sulaksono.

Saat itu, ia mengatakan bahwa setelah melakukan beberapa kali evaluasi, memutuskan mengirim Kelurahan Tamanan pada Lomba Kampung Keluarga Berkualitas tahun ini.

“Alhamdulillah Kelurahan Tamanan masuk dalam 3 besar. Mudah-mudahan dari penilaian ini, kita mendapatkan hasil yang diharapkan, yaitu Juara 1 tingkat Provinsi. Kita satu kekuatan, Insyaallah nanti bisa berangkat ke tingkat nasional,” ujarnya. 

Ia mengatakan, Kota Kediri siap menerima evaluasi dari Tim Penilai Kampung KB dalam meningkatkan semangat dan komitmen terhadap kampung KB sehingga apa yang saat ini diperjuangkan , salah satunya dalam penurunan kasus dengan langkah cepat akan bisa teratasi. 

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Kediri itu menjelaskan, pemerintah daerah setempat bersama kelurahan, kecamatan, Puskesmas dan kader terus berupaya mengatasi kasus yang ada di Kota Tahu. Hal itu dibuktikan dengan penurunan jumlah kasus di Kota Kediri.

Dimana pada tahun 2022 ada sebanyak 941 kasus bayi , dan pada akhir tahun 2023 mengalami penurunan 170 bayi . Melalui upaya-upaya tersebut, saat ini 26 dari 46 kelurahan di Kota Kediri sudah zero .

“Hal itu patut kita syukuri, kita masih harus terus bekerja keras untuk menyelesaikan sisa balita di Kota Kediri yang masih dalam kategori . Insyaallah dengan 46 kampung KB di Kota Kediri, kedepannya generasi emas 2045 bisa kita wujudkan,” tegasnya.

Tak hanya serius mengentaskan , Mandung menjelaskan bahwa saat ini juga tengah berupaya agar anak-anak di Kota Kediri memiliki kartu indentitas anak (KIA) dan memasyarakatkan identitas kependudukan digital.

Tak berhenti disitu, dikesempatan tersebut Mandung juga menjelaskan secara singkat beberapa lokus penilaian seperti Posyandu Balita, remaja hingga lansia, Posyandu Jiwa, Rumah Data, KIM, PKK, BKR , BKB HI (Bina Keluarga Balita) dan beberapa pokja lainnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO