Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati Lumajang Imbau ASN Jaga Stabilitas Politik

Jelang Pilkada 2024, Pj Bupati Lumajang Imbau ASN Jaga Stabilitas Politik Pj Bupati Lumajang, Indah Wahyuni bersama Forkopimda dan jajaran kepala perangkat daerah gelar rapat koordinasi menjelang Pilkada 2024, di Pendapa Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (27/3/2024). Foto: Dok. Diskominfo Lumajang.

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Penjabat (Pj) Bupati Lumajang, Indah Wahyuni mengimbau aparatur sipil negara () aktif dalam menjaga stabilitas politik menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada).

"Saya ingatkan pentingnya menjaga netralitas dan kondusifitas wilayah selama proses demokrasi, terutama menjelang pilkada," katanya di Pendapa Arya Wiraraja, Lumajang, Kamis (28/3/2024).

Ia mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi menjelang tahun politik, dengan menggelar rapat koordinasi bersama Forkopimda dan jajaran perangkat daerah.

Menurut dia, Pemilu merupakan proses demokrasi penting yang tidak boleh memicu polarisasi atau perpecahan sosial, sehingga, seluruh jajaran perangkat daerah diminta untuk mendeteksi sejak dini, potensi gangguan dan mengambil langkah preventif.

"Saya berpesan kepada seluruh untuk menjaga netralitas selama , serta mengingatkan pentingnya peran aktif camat dan lurah dalam mengantisipasi permasalahan di masyarakat," tuturnya.

Sementara itu, Dandim 0821 Lumajang, Letkol Czi Gunawan Indra menyebut, TNI-Polri dan pemerintah daerah memiliki tanggung jawab besar demi memastikan keamanan dan kelancaran proses demokrasi, terutama saat menjelang Pilkada.

"Saya mengajak untuk menjaga netralitas sebagai pondasi utama dalam menjalankan tugas, sehingga diharapkan proses demokrasi dapat berjalan dengan damai dan kondusif," katanya.

Gunawan berharap, kolaborasi ini dapat menjaga stabilitas wilayah di Lumajang selama masa politik dan memastikan jalannya Pilkada dalam suasana yang kondusif dan aman. (rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO