Tingkatkan Komunikasi Guru PAUD, Dindik Kota Kediri Gelar Workshop Public Speaking

Tingkatkan Komunikasi Guru PAUD, Dindik Kota Kediri Gelar Workshop Public Speaking Kepala Dindik Kota Kediri, Anang Kurniawan, saat memberi sambutan. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Kediri berinovasi menyelenggarakan Workshop Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Public Speaking dan Digital Marketing, Rabu (15/5/2024). 

Agenda dalam rangka meningkatkan kemampuan para tenaga pendidik di Kota Tahu itu diikuti 110 peserta dari Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kecamatan Mojoroto.

Kepala Dindik Kota Kediri, Anang Kurniawan, mengatakan bahwa selain menguasai kemampuan public speaking, di era digital seperti ini guru juga dituntut untuk terus berkembang dan belajar mengikuti perkembangan teknologi.

“Guru harus memahami perkembangan dalam pendidikan dan pemahaman peserta didik, serta teknik dan strategi komunikasi terkini. Dengan demikian guru perlu terus meningkatkan kompetensi public speaking untuk mengubah dirinya menjadi guru yang komunikatif,” ujarnya.

Menurut dia, public speaking tidak hanya digunakan pada hari ini, akan tetapi pola penyampaian kepada siswa merupakan sesuatu yang bersifat dinamis.

“Pola komunikasi antara guru dengan siswa zaman dahulu sudah berbeda dengan sekarang, yang mana hal tersebut tidak bisa diterapkan pada pola pendidikan zaman sekarang,” katanya.

Di samping itu, lanjut Anang, guru juga sebagai penyambung dalam menyampaikan materi harus memiliki inovasi dan kreativitas, karena masing-masing anak memiliki karakteristik, sifat, dan daya tangkap yang berbeda sehingga tidak bisa disamakan dalam berkomunikasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO