Pilwali Kediri 2024, Bawaslu Lantik 9 Panitia Pengawas Kecamatan

Pilwali Kediri 2024, Bawaslu Lantik 9 Panitia Pengawas Kecamatan Ketua Bawaslu Kota Kediri, Yudi Agung Nugroho, saat memberi keterangan kepada awak media.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - melantik dan melakukan pengambilan sumpah jabatan terhadap 9 orang panitia pengawas kecamatan (panwascam) di sebuah hotel di Kota Kediri, Jumat (25/5/2025).

Ketua , Yudi Agung Nugroho, mengatakan pelantikan panwascam ini dilaksanakan guna mewujudkan pilkada tahun 2024 yang berintegritas dan bermartabat.

Menurut Yudi, tugas pokok dan fungsi pengawasan akan dilaksanakan di setiap tahapan, untuk mencegah terjadinya pelanggaran dan sengketa.

"Masa kerja panwascam ini selama delapan bulan, dimulai pada bulan Juni hingga Januari 2025 mendatang. Panwascam akan melakukan pengawasan kegiatan di PPK dan PPS saat menjalankan tugas," katanya.

Yudi berpesan agar seluruh anggota panwascam segera bekerja, terutama untuk pembentukan PKD (pengawas kelurahan/desa).

"Penekanan kami nanti mereka harus segera bergerak, yang pertama itu. Yang kedua, mereka harus melakukan pembentukan PKD yang sementara ini pendaftarannya ditangani oleh bawaslu," terangnya.

Meski pendaftaran PKD ditangani , lanjut Yudi, namun wawancara dan lain sebagainya, akan dilakukan oleh panwascam.

"Setelah PKD sudah dilantik, maka harus segera turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh KPU termasuk melakukan pengawasan pemutakhiran data pemilihan," pungkas Yudi. (uji/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO