Lestarikan Budaya, Warga Dooro Gresik Gelar Sedekah Bumi

Lestarikan Budaya, Warga Dooro Gresik Gelar Sedekah Bumi Warga Desa Dooro saat membawa gunungan berupa hasil bumi dalam sedekah bumi. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Warga Desa Dooro, Kecamatan Cerme, Gresik, menggelar sedekah bumi di balai desa setempat, Minggu (9/6/2024). Kegiatan ini sebagai bentuk pelestarian atau menghidupkan budaya yang sudah turun temurun dilakukan sebagai bentuk rasa syukur atas hasil bumi (pertanian).

Dalam tradisi ini, warga mengarak gunungan hasil bumi berisikan berbagai sayur dan buah dari kantor pemerintah desa menuju lapangan.

Kemudian masyarakat dengan antusias merebut apa yang dibawa. Sedekah bumi juga dimeriahkan oleh kesenian Reog Ponorogo yang diperankan warga setempat.

Kepala Desa Dooro, Choirul Umam, mengatakan bahwa sedekah bumi selain melestarikan tradisi leluhur, juga sarana budaya untuk menyatukan warga. Ia mengajak warganya selalu rukun dan guyub.

"Dengan sedekah bumi yang menjadi warisan leluhur, semoga warga Dooro terus kompak dan bisa saling menjaga keguyuban dan kerukunan yang selama ini sudah berlangsung," harapnya.

Sementara itu, Camat Cerme, Umar Hasyim, meminta agar sedekah bumi tersebut terus diadakan setiap tahun sehingga tidak lekang oleh zaman.

"Mari kita jaga budaya warisan leluhur nenek moyang kita. Karena sedekah bumi ini memiliki nilai-nilai moral untuk menyatukan dan mengharmoniskan warga desa," katanya saat hadir dalam sedekah bumi.

Sebelumnya, sebagai rangkaian sedekah bumi, Pemerintah Desa Dooro menggelar istighotsah dalam rangka memohon ridho Allah untuk keselamatan desa. Selanjutnya, pagelaran wayang kulit yang akan digelar Minggu (9/6/2024) malam sekaligus sebagai penutupan rangkaian sedekah bumi. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO