Hadiri Pencak Dor di Desa Duwet, ini Pesan Bupati Kediri

Hadiri Pencak Dor di Desa Duwet, ini Pesan Bupati Kediri Laga pencak Dor, yang terus diawasi wasit. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Bupati Kediri, Hanindhito Himawan Pramana bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyaksikan pertandingan di Lapangan Desa Duwet, Kecamatan Wates, Sabtu (8/6/2024).

sapaan akrab bupati menyempatkan menyapa para petarung dalam pertandingan yang diikuti puluhan peserta yang berlaga di 25 partai utama dan 15 partai tambahan.

"Ini kearifan lokal, salah satu sisi ini untuk menyalurkan energi teman-teman kita pemuda di Kabupaten Kediri supaya tidak salah, ya kalau mau menyalurkan bakatnya ya di arena ," kata .

Pertandingan ini, sudah diadakan sebanyak tiga kali oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Duwet. Setiap pertandingan yang diadakan itu, mampu menarik petarung dari Kabupaten Kediri maupun dari luar daerah untuk ikut berlaga di atas ring.

"Ini salah satu yang akan dijadikan icon Desa Duwet, Kecamatan Wates. Pak Kadesnya menginisiasi bahwa desa ini merupakan salah satu desa yang memiliki icon ," ungkapnya.

Meski menggunakan ring bambu, para petarung yang telah berlaga langsung mendapatkan penanganan medis yang telah disediakan oleh panitia. Sebelum naik di atas ring, mereka juga mendapatkan pengecekan medis sebelum diizinkan bermain.

Melihat lebih dekat seni tradisi dan antusiasme petarung yang berlaga di atas ring, berharap seni tradisi itu dapat menghindarkan para pemuda dari perkelahian jalanan. Terlebih jalannya pertandingan juga diawasi oleh wasit.

Bagi para petarung yang berlaga, tetap berpesan untuk menjaga sportivitas. Sebagaimana slogan yang selama ini digaungkan dalam bela diri itu, di atas lawan di bawah kawan.

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO