Usai Salat Iduladha, Pj Wali Kota Kediri Tinjau Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Pojok

Usai Salat Iduladha, Pj Wali Kota Kediri Tinjau Penyembelihan Hewan Kurban di RPH Pojok Pj Wali Kota Kediri, Zanariah saat meninjau RPH Pojok.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri Zanariah meninjau proses pemotongan hewan kurban di UPTD Rumah Potong Hewan (RPH) Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Senin (17/6/2024). 

Hal ini dilakukan untuk memastikan pemotongan hewan qurban berjalan aman dan lancar serta hewan kurban sehat dan layak dikonsumsi oleh masyarakat.

"Alhamdulillah dengan adanya RPH ini warga jadinya lebih banyak memilih menyembelih hewan kurbannya di sini. Karena petugas penyembelih di RPH ini sudah bersertifikat juru sembelih halal dari BNSP," ujar Zanariah.

"Selain itu, RPH ini juga sudah bersertifikat halal dan ada veteriner untuk memeriksa kesehatan dari hewan kurban. Sebelum disembelih hewan qurban ini dilakukan pemeriksaan oleh dokter hewan. Insyaallah hewan kurban sehat dan tidak ada penyakit yang terlewat terutama penyakit cacing hati," terangnya.

Zanariah menjelaskan bahwa di RPH ini sehari bisa melakukan penyembelihan maksimal 20 ekor sapi. 

Nanti bila kebutuhan pemotongan hewan meningkat, Pemerintah Kota Kediri akan melakukan pengembangan dan revitalisasi. Namun, sejauh ini kondisinya masih cukup dan bisa tertampung semuanya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO