Ribuan Santri Tebuireng Takbir Keliling dan Bakar Sate Massal, Idul Adha Makin Seru

Ribuan Santri Tebuireng Takbir Keliling dan Bakar Sate Massal, Idul Adha Makin Seru Salah satu rombongan santri Tebuireng peserta Takbir Keliling. Foto: Tebuireng Online

JOMBANG, BANGSAONLINE.com – Inilah tradisi unik saat merayakan Idul Adha 10 Dzulihijjah 1445 H. Sekitar 5.000 santri Tebuireng yang tak pulang kampung mengikuti dan bakar sate massal di pesanten yang terletak di Desa Cukir, Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Ribuan santri itu melakukan di sekitar makam Presiden RI ke-4 KH Abdurrahman Wahid atau Kawasan Makam Gus Dur (KMGD), Ahad (16/6/2024) malam.

Ribuan santri itu mengarak sejumlah hasil kerajian tangan mereka terkait perayaan Idul Adha. Ada yang membawa miniatur ka’bah, save Palestina, miniatur sapi, bahkan ada yang membawa naga barongsai, dan sebagainya.

Takbir keliling itu diikuti semua unit pendidikan . Mulai Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, SMP, SMA, Mu’allimin, dan semua pesantren di lingkungan . Bahkan juga melibatkan karang taruna dan masjid di sekitar .

Para santri bakar sate pada Idul Adlha 2016. Foto: dokumentasi bangsaonline.com.

Penampilan mereka juga dinilai oleh panitia. Yang menang mendapat trofi dan hadiah. Sehingga kontestasi itu jadi seru.

Para santri pun sangat senang dan surprise. "Takbir keliling seru bangettt, jarang ada di daerah mana2, antusias juga bagus,pesanyaa haruse jalan ditutup sementara buat keamanan sih," ungkap Elya Afifah, salah seorang santri dikutip Tebuireng Online.

Selain , ribuan santri juga melakukan bakar sate massal. Mudir KH Lukman Hakim mengungkapkan bahwa bakar sate massal itu ditempatkan di empat lokasi.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO