Jaga Ekosistem Sungai, Pemkab Bangkalan Tebar Puluhan Ribu Bibit Ikan

Jaga Ekosistem Sungai, Pemkab Bangkalan Tebar Puluhan Ribu Bibit Ikan Penebaran bibit ikan di Bangkalan.

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com -   menebar sebanyak 65 ribu bibit ikan air tawar di sejumlah aliran sungai. Hal tersebut dilakukan dalam rangka menjaga ekosistem di sekitar sungai dan kelestarian sumber daya perikanan.

"Kegiatan ini merupakan upaya dari dalam meningkatkan populasi ikan lokal serta menjaga ekosistem di sekitar sungai. Melalui langkah restocking beberapa jenis bibit ikan air tawar," kata Asisten Pembangunan Setdakab Bangkalan, Bambang Budi Mustika, Kamis (20/6/2024).

Adapun jenis ikan yang ditebar terdiri dari wader, tawes, baderbang, sangkaring, gurame, dan udang galah. Selain di Kelurahan Sungai Tonjung, penebaran bibit ikan yang juga dihadiri perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Jatim itu dilakukan di aliran Sungai Banjaran dan Arosbaya.

"Jenis ikan yang ditebar sudah disesuaikan dengan ekosistem sungainya, sehingga bibit yang ditebar bisa bertahan hidup, sehingga restocking yang dilakukan berhasil, karena stok yang ada mulai menipis," ucap Bambang.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perikanan Bangkalan, Bambang Setyawan, mengatakan bahwa selain untuk menambah populasi ikan lokal, penebaran benih ikan juga bertujuan membangun perekonomian.

"Penebaran ikan ini merupakan langkah budi daya, sehingga menjadi sumber alternatif ketersediaan ikan masyarakat, terutama menjadi potensi wisata pemancingan yang bisa dimanfaatkan masyarakat sekitar," tuturnya.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat bisa memanfaatkan ikan air tawar yang ditebar dengan bijak. Menghindari penangkapan dengan cara yang ilegal, seperti setrum, racun dan bahan peledak.

"Mari bersama-sama kita menjaga ekosistem ikan lokal yang dimiliki. Besar harapan kami, populasi ikan ini dapat berkembang biak dan membawa manfaat untuk masyarakat sekitarnya," ujarnya.

Kegiatan berupaya penebaran bibit ikan ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di sektor perikanan. Program lain yang telah dilakukan dengan memberikan pembinaan akses permodalan dan pelatihan pengembangan produk.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Bangkalan selama ini nilai ekonomi perikanan hanya bertumpu pada perikanan laut dengan nilai tangkapan antara 29.064 ton hingga 31.772 ton. "Melalui program ini, kami ingin ekonomi perikanan tidak hanya pada bidang kelautan saja, tetapi juga pada ikan air tawar," urai Bambang. (uzi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO