Cuaca Buruk, Warga Masalembu Sumenep Tiga Hari Telantar di Pelabuhan

Cuaca Buruk, Warga Masalembu Sumenep Tiga Hari Telantar di Pelabuhan SENGSARA : Sejumlah warga asal pulau Masalembu tampak cemas meratapi nasibnya. Selama tiga hari telantar di pelabuhan Kalianget. (foto: faisal/BANGSAONLINE)

SUMENEP, BANGSAONLINE.com - Akibat cuaca ekstrem yang melanda Perairan Kabupaten sejak sepekan terakhir, puluhan warga kepulauan Masalembu terlantar di Pelabuhan Pelindo III Kalianget.

Salah satu warga Pulau Masalembu, Muria (35) menjelaskan, dia bersama sanak keluarganya sudah tiga hari lamanya berdiam di penginapan pelabuhan Pelindo III Kalianget. ”Pada hari Sabtu kemarin saya bersama keluarga sampai di sini. Namun hingga saat ini kapal masih belum berangkat juga,” kata dia.

Baca Juga: Tolak Hubungan Badan, Istri di Sumenep Dicekik Suami Hingga Tewas

Ditambahkan, mestinya kapal jurusan Pelabuhan Pelindo II Kalianget Pulau Masalembu berangkat Senin (17/8) kemarin. Namun karena cuaca buruk, jadwal pemberangkatan kapal ditunda hingga besok Rabu (19/8).

”Ini yang kami tidak mengerti, kalau faktornya dari segi cuaca kapal jurusan Kalianget - Kangean sudah ada yang berangkat tadi pagi. Bahkan nanti sore satu kapal jurusan yang sama juga akan diberangkatkan. Mestinya kalau memang alasannya cuaca ekstrem semua jurusan tidak diberangkatkan,” terang dia.

Dia meminta agar pemerintah daerah untuk mencarikan solusi alternatif bagi semua warga Masalembu yang tertahan di pelabuhan. Sebab, bekal persediaan untuk menyambung hidup sudah semakin menipis.

Baca Juga: Pamer Naik Jet Pribadi, Kekayaan Ketua Banggar DPR RI Asal Madura Melonjak 200 Persen

Berdasarkan amatan, sejumlah warga masalembu yang tertahan di pelabuhan hanya bisa pasrah diri. Selain mereka hanya tidur beralaskan tikar, juga kondisi penginapan yang disediakan tampak kumuh. Di mana sampah sisa makanan berserakan, sehingga membuat suasana ruangan tersebut juga bau.

Terpisah, Petugas Administrator Pelabuhan (Adpel) Kalianget, Fajar Sidik membenarkan jika kapal jurusan Kalianget Pulau Masalembu sampai saat ini masih belum diberangkatkan karena cuaca masih belum membaik.

”Kalau untuk kapal jurusan Kaliaget Kangean tadi pagi sudah diberangkatkan, untuk nanti sore juga akan diberangkatkan lagi,” kata dia.

Baca Juga: Luruk Polres Sumenep Sambil Bawa Truk, Puluhan Sopir Tuntut Tambang Galian C Dibuka Lagi

Kapal yang telah diberangkatkan tadi pagi adalah kapal perintis Amukti Palapa, sedangkan yang diberangkatkan sore hari adalah kapal perintis Dharma Bhakti Sumeker Satu (DBS I). Sedangkan yang akan diberlayar dari pelabuhan Kalianget Pula Masalembu adalah Sabuk Nusantara.

”Kalau cuaca lagi membaik, maka besok pagi untuk jurusan Kalianget Masalembu akan diberangkatkan,” tukas dia. (fay/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO