Beri Fleksibilitas bagi Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Sastra UM Punya Program Kuliah Paruh Waktu

Beri Fleksibilitas bagi Mahasiswa Pascasarjana, Fakultas Sastra UM Punya Program Kuliah Paruh Waktu Dekan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang, Dr. Moch. Syahri, S.Sos., M.Si. (kiri), dalam sebuah kesempatan.

MALANG, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka memberikan fleksibilitas perkuliahan bagi mahasiswa baru pascasarjana dari guru dan praktisi non-guru, Fakultas Sastra () menawarkan solusi melalui program kuliah paruh waktu pascasarjana.

Menurut Dr. Moch. Syahri, S.Sos., M.Si., Dekan Fakultas Sastra , program ini dirancang untuk memberikan fleksibilitas bagi mereka, terutama guru dan praktisi non-guru yang ingin meningkatkan kualifikasi akademis tanpa harus meninggalkan pekerjaan.

"Banyak guru dan praktisi non-guru yang mengeluhkan keterbatasan waktu untuk melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana. Oleh karena itu, Fakultas Sastra menginisiasi program ini untuk memberikan kesempatan bagi mereka agar dapat melanjutkan pendidikan tanpa mengganggu rutinitas mereka di tempat kerjanya," ujar Moch. Syahri, Rabu (26/6/24).

Program kuliah paruh waktu pascasarjana ini nantinya menggunakan sistem blok. Sistem ini memungkinkan adanya pengelompokan jam belajar efektif dalam satuan waktu yang memungkinkan mahasiswa mengikuti dan menerima materi pembelajaran secara maksimal.

"Normalnya dalam perkuliahan itu ada 16 kali pertemuan. Mahasiswa mungkin hanya perlu ke kampus sekitar 2-3 kali," ungkap Syahri.

Nantinya, beragam model pembelajaran akan disiapkan untuk suksesnya program ini. Salah satunya skema kelas hybrid. Di mana saat mahasiswa masuk, akan disepakati apa yang menjadi kebutuhan mereka. Misalnya, mahasiswa ingin daring di Blitar, nanti akan difasilitasi, termasuk jika ingin full hybrid.

Fakultas Sastra menyiapkan kuota 60 mahasiswa yang dibagi dalam 1-2 kelas dalam program ini.

Syahri berharap program ini dapat menjembatani kebutuhan para profesional, baik guru maupun praktisi nonguru yang ingin melanjutkan studi tanpa harus meninggalkan pekerjaannya.

Program Pascasarjana pada tahun akademik 2024/2025 ini telah membuka pendaftaran mahasiswa baru program pascasarjana. Saat ini pendaftaran sudah memasuki periode 4 yang dimulai 1 Juni sampai dengan 5 Agustus 2024.

Sedangkan pengumuman hasil seleksi periode 4 dilakukan tanggal 4 Agustus hingga 8 Agustus 2024. Untuk informasi lebih lanjut pendaftar bisa langsung ke Fakultas Sastra, di Gedung D16, . (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO