Tingkatkan Kompetensi PPID, Diskominfo Kota Batu Gelar Sosialisasi

Tingkatkan Kompetensi PPID, Diskominfo Kota Batu Gelar Sosialisasi

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna membangun komitmen dan interaksi komunikasi yang efektif antara PPID utama dan PPID pelaksana, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batu mengadakan kegiatan "Sosialisasi Tugas dan Fungsi PPID Utama dan PPID Pelaksana".

Sosialisasi yang diselenggarakan di Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu, Rabu (26/6/2024), ini diikuti perwakilan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batu.

Dalam sambutannya, Sekretaris Diskominfo, M. Dwiyanto, mengungkapkan pentingnya peran pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID), dalam terciptanya transparansi informasi yang dibutuhkan masyarakat Kota Batu. Karena itu, perlu adanya peningkatan kapabilitas dari setiap operator PPID di masing-masing OPD.

Kegiatan sosialisasi diisi pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab antara narasumber dengan peserta.

Materi sosialisasi di antaranya disampaikan oleh Komisioner Komisi Informasi Provinsi Jawa Timur, Yunus Mansur Yasin. Ia menjelaskan tentang kewajiban badan publik dalam penyampaian informasi, persoalan sengketa informasi, hingga sosialisasi singkat tentang e-Monev KI Jatim 2024 yang akan diselenggarakan di Kota Surabaya, Kamis (27/6/2024) besok.

Yunus mengatakan peran PPID utama adalah sebagai rumah, dan PPID pelaksana sebagai atribut pengisi rumah.

"Kunci PPID ada di PPID pelaksana, karena yang berwenang pada data adalah PPID pelaksana," ujarnya.

Yunus juga berpesan kepada seluruh operator PPID agar tidak melupakan kewajiban badan publik, untuk memberikan informasi kepada masyarakat selama informasi tersebut adalah data yang valid, serta bukan termasuk data yang dikecualikan.

Adapun data yang dikecualikan adalah data rahasia atau informasi pribadi, persaingan kompetitor, dan data inteljen negara.

Melalui kegiatan ini diharapkan keberlangsungan PPID di Pemerintah Kota Batu dapat meningkat hingga masuk dalam kategori kota yang informatif. (asa/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO