Langkah SIG Evakuasi Kebakaran Kapal Bermuatan Jagung di Area Pelabuhan Tersus Tuban

Langkah SIG Evakuasi Kebakaran Kapal Bermuatan Jagung di Area Pelabuhan Tersus Tuban Kapal bermuatan jagung yang terbakar di sekitar Pelabuhan Tersus Tuban.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - PT Semen Indonesia Pabrik Tuban bersama dengan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Pakis, dan beberapa tim penyelamat lainnya langsung bergerak cepat setelah mendapatkan kabar adanya kapal MV Noah Satu terbakar di dekat Pelabuhan Terminal Khusus (Tersus), Rabu (26/6/2024) dini hari.

Kapal bermuatan jagung dari Pelabuhan Calabai, Kabupaten Dompu, NTB, dengan tujuan Ciwandan itu memuat sebanyak 16 ABK. Sebelum tenggelam Kapal MV Noah Satu mengalami kebakaran di ruang mesin pada titik koordinat 6° 36'607"E 111° 36'607”S sekitar pukul 14.25 WIB pada Senin (24/6/2024). 

Lalu, sekitar Selasa (25/6/2024) malam kondisi kapal semakin tidak memungkinkan untuk diselamatkan. Sehingga, tim rescue gabungan saling berkoordinasi dan berupaya menyelamatkan belasan ABK untuk dilakukan evakuasi.

SM of Port Operation & Maintenance Pabrik Tuban, Singgih Widayat, mengatakan bahwa seluruh ABK berhasil diselamatkan dalam kondisi beberapa mengalami luka ringan. Namun, ada satu orang di antaranya mengalami luka bakar pada lengan yang kemudian dirujuk ke RSUD Koesma Tuban.

"Proses penyelamatan kurang lebih 8 jam dan untuk kondisi kapal tidak dapat diselamatkan," ucapnya.

Ia berujar, untuk evakuasi ABK di area perairan menggunakan kapal TB Mitra Anugrah 27 milik PT Varia Usaha Bahari yang dipimpin oleh Capt. Arifin mendampingi Tim dari KSOP Tanjung Pakis Kawilker Jenu. Sekitar 01.20 WIB dini hari semua ABK sudah diselamatkan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO