Siaga Tsunami Pantai Selatan, BPBD Gandeng Masyarakat Susuri Jalur Evakuasi Pantai Konang Trenggalek

Siaga Tsunami Pantai Selatan, BPBD Gandeng Masyarakat Susuri Jalur Evakuasi Pantai Konang Trenggalek Petugas saat menyusuri jalur evakuasi di Pantai Konang, Trenggalek.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Prediksi akan adanya potensi gempa bumi dan tsunami di kawasan pantai selatan Jawa Timur kini terus diantisipasi, di antaranya melalui festival Kesiapsiagaan Gempa Bumi dan Tsunami (Gempi) yang digelar secara kolaboratif oleh BPBD Trenggalek, stakeholder setempat, dan BPBD Jatim, Rabu (26/6/2024).

Berbagai kegiatan dilangsungkan guna menyemarakkan festival ini, seperti apel kesiapsiagaan yang dilanjut dengan simulasi evakuasi mandiri dengan menyusuri jalur evakuasi menuju zona aman tsunami.

Simulasi yang ditandai dengan penekanan tombol sirene EWS ini dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemkab Trenggalek, Saeroni. Turut mendampingi, Kalaksa BPBD Trenggalek, Triadi Atmono; Kalaksa BPBD Jatim yang diwakili Dadang Iqwandy selaku Analis Bencana, perwakilan Forkopimda setempat, Nganjuk, dan sejumlah unsur penthahelix.

Simulasi susur jalur evakuasi ini juga diikuti ratusan warga setempat, mulai dari kalangan ibu-ibu, anak-anak, kelompok pemuda hingga perangkat desa di wilayah Panggul dan Wonocoyo. Dengan berjalan kaki dan sesekali melakukan lari-lari kecil, lebih dari 200 warga mencoba jalur evakuasi dengan jarak sekitar 2 km.

"Simulasi yang kita lakukan ini tadi sesuai dengan teori 20:20:20. Yaitu, 20 detik gempa, 20 menit waktu evakuasi, dan menuju zona aman di atas 20 meter dari ketinggian pantai," kata Kalaksa BPBD Trenggalek, Triadi Atmono.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO