Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda, Karang Taruna Surabaya Dorong Anggota Daftar KPPS

Tingkatkan Partisipasi Pemilih Muda, Karang Taruna Surabaya Dorong Anggota Daftar KPPS Pengurus Karang Taruna Surabaya dalam acara Kartar Run di Kota Lama. Foto: Dok. Karang Taruna Kota Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - turut memberi perhatian terhadap rendahnya kesadaran politik di kalangan pemuda. Khususnya, dalam hal partisipasi pemilih pemula di Pilkada serentak 2024.

Ketua , Febrian Kiswanto, mengatakan pihaknya turut aktif dalam penyelenggaraan musrenbang pemuda di tiap-tiap kelurahan. Salah satu materi yang disampaikan adalah tentang edukasi pemilih.

Baca Juga: Bukan Hanya Kartar, Pemuda Katolik Juga tak Dilibatkan Dalam Musrenbang oleh SNL

Hal ini merupakan salah satu upaya untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan partisipasi pemilih pemula dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024.

"Sebab, salah satu tantangan utama dalam partisipasi pemilu kepala Daerah tahun 2024 adalah rendahnya kesadaran politik di kalangan pemuda, tidak terkecuali di Kota Surabaya," katanya.

Menurutnya, partisipasi dalam Pilkada tidak hanya sebatas memberikan suara di bilik TPS, tetapi juga melibatkan diri masuk dalam bagian penyelenggara Pilkada serentak di Kota Surabaya.

Baca Juga: Honor Rp1,1 Juta, KPPS Bekerja sejak Pagi Hingga Pukul 03.00 Dini Hari

Karena itu, sebagai organisasi sosial di bidang kepemudaan menginstruksikan anggotanya untuk ikut mendaftar menjadi anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) di wilayah masing-masing.

"Target dari di setiap TPS ada kader Karang Taruna yang terlibat di dalamnya. Baik itu anggota Karang Taruna di tingkat kecamatan, kelurahan, sampai sub unit RW dan RT," ujar pria yang juga pengusaha ini.

Sebelumnya, lanjut Febri, sudah banyak anggota Karang Taruna yang menjadi bagian dari penyelenggara, baik di tingkat PPK kecamatan maupun PPS Kelurahan.

Baca Juga: Aktif di Program Pemberdayaan Ekonomi, Karang Taruna Surabaya kini Lebih Mandiri

"Sampai pada penutupan pendaftaran, kami mencatat ada sekitar 4.000 anggota sudah mendaftar sebagai calon anggota KPPS," tutur Cak Feb, begitu ia karib disapa.

Dengan menjelaskan tentang pentingnya partisipasi dan turut aktif dalam proses demokrasi di Surabaya, Cak Feb berharap dapat meningkatkan partisipasi pemilih secara signifikan, khususnya di kalangan pemuda Kota Surabaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO