Gelar Acara Jalan Bareng Sindi, Pemkot Kediri Kenalkan Transportasi Umum pada Anak Disabilitas

Gelar Acara Jalan Bareng Sindi, Pemkot Kediri Kenalkan Transportasi Umum pada Anak Disabilitas Siswa SLB B tunagrahita dan guru pendamping, saat berfoto bareng (dok. Ist)

KOTA KEDIRI,BANGSAONLINE.com - Pemerintah melalui Dinas Perhubungan menyelenggarakan program (Satria Inklusi ), Sabtu (6/10/2024).

Hal ini merupakan kepedulian kepada para dengan mengenalkan .

Baca Juga: Warga Binaan Lapas IIA Terima Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih oleh KPU Kota Kediri

Kepala Dishub Didik Catur, mengatakan, kegiatan ini digelar untuk mendukung kesetaraan dalam mobilitas sehari-hari. Hal ini sesuai dengan UU No.8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Untuk mensukseskan kegiatan ini, lanjut Didik , Dishub menerjunkan 2 armada bus SATRIA yang diisi 75 siswa SLB B tunagrahita dan 14 guru pendamping. Mereka dijemput langsung di SLB B Putra Asih, Balowerti.

Selanjutnya mereka diajak berkeliling mengenal tempat bersejarah dan pusat perbelanjaan. Dengan rute dari titik penjemputan menuju Jalan Hasanudin - Jalan A. Yani (Stadion Brawijaya) - Jalan PK bangsa (Taman Memorial Park) - Jalan Dhoho - Jalan Yos Sudarso dan singgah di Taman Brantas.

Baca Juga: Jaga Akurasi Data Segmen PBPU, Pemkot Kediri dan BPJS Kesehatan Lakukan Evaluasi Data Peserta

"Sebelum kembali ke sekolah, kita berikan kesempatan kepada anak-anak untuk bermain di Taman Brantas," tuturnya.

Didik menambahkan, sasaran kegiatan ini ialah siswa SLB B tunagrahita. Melihat animo yang luar biasa dari siswa dan guru, didik menuturkan setelah ini pihaknya merencanakan akan menyelenggarakan kegiatan serupa dengan menyasar SLB lain yang ada di .

"Ini upaya kita untuk mengenalkan transportasi bagi anak disabilitas karena mereka memiliki kesempatan yang sama seperti anak-anak yang lain," tuturnya.

Baca Juga: Kembangkan Kompetensi ASN, Pemkot Kediri Kembali Gelar Harmoni Belajar Seri II

Saat ini, lanjut Didik lagi, sudah memiliki 2 armada SATRIA baru serta beberapa halte yang ramah disabilitas. 

"Di dalam bus itu ada space khusus untuk kursi rodanya dan pintunya juga ada pelandaiannya untuk menaikkan kursi roda," ujarnya.

Sementara itu, Setyaningtyas Kepala Sekolah SLB B Putra Asih mengaku senang dan berterima kasih kepada karena telah memfasilitasi anak didiknya berkeliling kota menggunakan bus SATRIA.

Baca Juga: 3 Sekolah Raih Penghargaan Adiwiyata, Pj Wali Kota Kediri Berharap Jadi Motivasi

"Alhamdulillah, anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Semoga tidak hari ini saja, namun kegiatan ini bisa rutin diadakan sehingga selain sarana transportasi, bus SATRIA bisa digunakan untuk sarana edukasi,"pungkasnya. (uji/van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan Warnai Peringatan Hari Bumi dan Hari Air Dunia di Kota Kediri':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO