Pacitan Jadi Salah Satu Wilayah Lengkap Sinergi Sertifikasi

Pacitan Jadi Salah Satu Wilayah Lengkap Sinergi Sertifikasi Kepala Badan Keuangan Daerah Pacitan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pacitan menjadi salah satu wilayah yang dideklarasikan sebagai Kabupaten Lengkap oleh Menteri ATR/, Agus Harimurti Yudhoyono (), pada Selasa (08/10/2024). Meski tidak diprioritaskan menjadi target 104 Kabupaten/Kota Lengkap di akhir tahun ini, namun bisa lebih dulu dideklarasikan Lengkap berkat sinergi yang baik antara Kementerian ATR/ dengan Pemkab Pacitan.

"Mari kita terus kejar target pencapaian sampai dengan akhir tahun ini, mudah-mudahan tercapai 104 Kota/Kabupaten Lengkap bahkan bisa over prestasi. Contoh di Jawa Timur ada beberapa tambahan termasuk Pacitan yang sebelumnya tidak masuk list yang diprioritaskan. Ini contoh, dengan kerja keras dan kerja bersama, bisa dilakukan itu semua," kata saat memberi sambutan di Gedung Negara Grahadi.

Baca Juga: Menuju IKN, AHY Hadiri Peresmian dan Penyerahan Sertifikat Istana Garuda

Ditemui terpisah, Daryono, Kepala Badan Keuangan Daerah Pacitan mengaku koordinasi yang dibangun antara pihaknya dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Pacitan berjalan baik. 

"Bekerja sama dengan baik, kita saling bersinergi dan tentunya melibatkan seluruh aparat pemerintah mulai dari desa, kecamatan, dan kabupaten yang sudah berjalan lancar, sehingga alhamdulillah Kabupaten Pacitan secara umum sudah Lengkap," paparnya.

Dalam kesempatan ini, ia hadir mendampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan untuk menerima sertifikat tanah elektronik yang diperuntukkan bagi aset Barang Milik Daerah Kabupaten Pacitan. Terkait proses sertifikasi aset pemerintah ini pun ia sebut lebih cepat karena adanya koordinasi baik antar kedua pihak.

Baca Juga: Warga Lumajang Ingin Program PTSL Berlanjut

"Kita pemerintah daerah saling bersinergi untuk melakukan pekerjaan perhitungan di lapangan, pengukuran, dan sebagainya. Itu dilakukan bersama-sama koordinasi antara pemerintah daerah dan ," ucap Daryono.

Atas kerja sama yang baik sekaligus program yang baik ini, ia berterima kasih kepada pemerintah pusat, terutama Presiden Joko Widodo yang telah mendorong terselenggaranya sertipikasi aset pemerintah. 

"Terima kasih Kementerian ATR/ yang telah mempunyai program untuk mempercepat, otomatis juga saya berterima kasih juga kepada negara yang dipimpin oleh Pak Jokowi karena sertifikat tanah ini penting untuk Pemkab Pacitan, juga khususnya untuk masyarakat," pungkasnya. (afa/mar)

Baca Juga: Sekjen Kementerian ATR/BPN Hadiri Forum Diskusi Anti-Mainstrem Bureaucracy

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO