Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi di Jawa Timur

Pemkab Gresik Raih Penghargaan Peringkat Pertama Capaian Investasi di Jawa Timur Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono (kiri), saat memberikan penghargaan kepada Plt Bupati Gresik, Aminatun Habibah, dalam upacara peringatan Hari Jadi Provinsi ke-79. Foto: Ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Pemkab Gresik meraih penghargaan peringkat pertama realisasi investasi di Jawa Timur tahun 2023. Penghargaan diberikan oleh Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, kepada Plt Bupati Gresik, Aminatun Habibah, dalam upacara peringatan Hari Jadi ke-79 Provinsi Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (12/10/2024).

Penghargaan tersebut merupakan apresiasi atas komitmen Pemkab Gresik dalam menciptakan iklim investasi yang kondusif serta memfasilitasi kemudahan bagi para investor.

Baca Juga: Membaur Bersama Ribuan Masyarakat di Jatim Phoria 2024, Adhy Karyono Ucapkan Terima Kasih

Aminatun Habibah mengapresiasi semua pihak yang telah berperan dalam keberhasilan ini.

"Keberhasilan ini adalah hasil kerja bersama, yang menunjukkan bahwa Gresik merupakan wilayah yang ramah investasi. Kami akan terus berupaya mendorong investasi yang berkelanjutan guna mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah," ucapnya.

Perempuan yang karib disapa Bu Min itu menyampaikan capaian investasi di Gresik dari tahun ke tahun menunjukkan peningkatan signifikan.

Baca Juga: HUT ke-79 Provinsi Jawa Timur, Pemkab Kediri Komitmen Tingkatkan Kontribusi Pembangunan

Pada 2020, total investasi mencapai Rp16,8 triliun yang terdiri dari Rp2,4 triliun penanaman modal asing (PMA) dan Rp14,4 triliun penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Tahun berikutnya, total investasi Rp16,6 triliun dengan rincian Rp8,4 triliun PMA dan Rp8,2 triliun PMDN. Kemudian pada 2022, total investasi melonjak hingga Rp31,5 triliun, terdiri dari Rp24,8 triliun PMA dan Rp6,7 triliun PMDN.

Selanjutnya, total investasi mencapai puncaknya di angka Rp49,5 triliun, dengan kontribusi PMA sebesar Rp39,8 triliun dan PMDN sebesar Rp9,7 triliun pada 2023.

Baca Juga: Hari Jadi ke-79 Provinsi Jatim, Pemkab Anugerahi Penghargaan 20 Elemen Masyarakat Berprestasi

"Capaian tertinggi di tahun 2023 didominasi oleh sektor industri pertambangan sebagai motor penggerak utama investasi di Gresik," ucap Bu Min.

Menurutnya, Pemkab Gresik terus berinovasi dalam memberikan pelayanan terbaik melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), termasuk dalam mempercepat perizinan dan mempermudah akses investasi.

Capaian investasi tersebut merupakan pijakan untuk melangkah lebih jauh, khususnya dalam meningkatkan daya saing daerah serta menjaga pertumbuhan investasi yang inklusif dan berkelanjutan.

Baca Juga: Puncak Peringatan Hari Jadi Ke-79, Pj Gubernur Adhy: Jatim Siap Jadi Gerbang Nusantara Baru

"Kami berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas infrastruktur, menciptakan peluang usaha baru, dan mengoptimalkan potensi lokal," kata Aminatun.

Sementara itu, Kepala DPMPTSP Gresik, AM Reza Pahlevi, menyebut penghargaan yang diraih merupakan penambah semangat bagi pihaknya untuk terus memberikan capaian terbaik bagi Kota Pudak. Pada tahun ini, target investasi berada di angka Rp41,57 triliun

"Hingga semester I, capaian investasi di Kabupaten Gresik sudah mencapai Rp20,69 triliun atau 49,77 persen dari target realisasi. Kita akan terus berupaya agar target yang sudah ditetapkan tersebut bisa tercapai," paparnya. (hud/mar)

Baca Juga: Peringati HUT Provinsi Jawa Timur, Pemkot Pasuruan Gelar Upacara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO