Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Hari Jadi ke-79 Jawa Timur

Pj Wali Kota Kediri Pimpin Upacara Hari Jadi ke-79 Jawa Timur Para ASN di lingkungan Pemkot Kediri saat mengikuti upacara HUT ke-79 Jawa Timur. Foto: Ist

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, memimpin upacara dalam rangka memperingati Hari Jadi Ke-79 Jawa Timur, Senin (14/10/2024). Tema yang diangkat dala peringatan tahun ini adalah 'Jawa Timur Bersatu Bersama untuk Indonesia Maju'.

Dalam agenda tersebut, Pj Wali Kota Kediri, Zanariah, membacakan sambutan dari Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono. Ia mengatakan, berbagai upaya yang telah dilakukan Pemprov Jatim telah berhasil menorehkan prestasi, apresiasi, dan penghargaan baik nasional maupun internasional.

Baca Juga: Pj Wali Kota Kediri Lantik dan Ambil Sumpah Puluhan Pejabat

Salah satunya, lanjut Zanariah, Jawa Timur mampu menaikkan derajat warganya dengan menurunkan angka kemiskinan yang mampu mencatatkan sejarah mencapai satu digit yakni sebesar 9,79 persen per Maret 2024. Jawa Timur juga menjadi penyumbang penurunan penduduk miskin tertinggi secara nasional sebesar 206,102 jiwa, dan berkontribusi sebesar 30,34 persen terhadap penurunan kemiskinan nasional. 

Demikian juga untuk Kemiskinan Ekstrem telah turun signifikan dari 4,40 persen pada tahun 2020 menjadi 0,66 persen per Maret 2024.

"Atas semua capaian tersebut, kita patut berbangga, namun tentu saja tidak boleh berpuas diri. Capaian ini adalah motivasi untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Perjalanan kita masih Panjang, karena tujuan pembangunan kita adalah untuk memperjuangkan kesejahteraan seluruh masyarakat Jawa Timur. Sekaligus untuk menyukseskan dan mewujudkan Visi Rencana Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Provinsi Jawa Timur Tahun 2025-2045 yaitu Jawa Timur Berakhlak, Maju, Mendunia, dan Berkelanjutan," kata Zanariah.

Baca Juga: Semangat Dongkrak SDM di HUT ke-79, Pemprov Jatim Beri Beasiswa untuk 5.683 Santri dan Guru Diniyah

Pj Wali Kota Kediri menyampaikan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan para pendahulu yang telah meletakkan dasar yang kokoh bagi provinsi ini. Ia mengapresiasi kontribusi besar dari Gubernur pertama Jawa Timur Raden Mas Tumenggung Ario Soerjo, hingga Gubernur periode 2019-2024, Khofifah Indar Parawansa yang telah membawa Jawa Timur menjadi provinsi terbaik di Indonesia. Dengan berbagai kemajuan dan capaian prestasi yang dampaknya telah dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Bahkan kita juga mampu mengawal transisi kepemimpinan nasional saat ini dengan sangat baik. Karenanya, Kita optimis, kita pasti mampu mengawal seluruh rangkaian proses pesta demokrasi pilkada serentak juga berjalan aman, damai dan kondusif. Sehingga, nantinya akan melahirkan pemimpin daerah yang sesuai harapan hati nurani rakyat," paparnya. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO